PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI MTS PSA (PONDOK SATU ATAP) ISTIQOMAH ISLAMIYAH PANARAGAN JAYA TULANG BAWANG BARAT

Rizka, Afifah (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI MTS PSA (PONDOK SATU ATAP) ISTIQOMAH ISLAMIYAH PANARAGAN JAYA TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RIZKA AFIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI MTS PSA (PONDOK SATU ATAP) ISTIQOMAH ISLAMIYAH PANARAGAN JAYA TULANG BAWANG BARAT Sekolah mempunyai peranan penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku moral anak, dengan menanamkan nilai-nilai agama agar tercipta insan yang religius pada anak. Sekolah juga merupakan lembaga pendidikan dasar dan menengah dijajaran kementrian pendidikan nasional. Sekolah menjadi kebutuhan mendasar bagi semua orang, sehingga sekolah dianggap sebagai rumah kedua bagi anak didik (murid) untuk mendapatkan pendidikan setelah pendidikan pertama dari keluarga (orang tua). Pendidikan ialah proses membimbing manusia dari kegelapan, kebodohan, dan pencerahan pengetahuan. Akan tetapi proses pendidikan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak diimbangi dengan Akidah Akhlak yang baik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti mengenai bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kenakalan remaja, apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kenakalan remaja, serta bagaimana solusi mengenai faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kenakalan remaja. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik interaktif, dengan cara triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kenakalan remaja di MTs PSA (Pondok Satu Atap) Istiqomah Islamiyah Panaragan Jaya mencakup tiga tahap yaitu Merencanakan, Melaksanakan, dan Menindaklanjuti. Dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak juga melakukan beberapa metode yang digunakan yaitu, pertama metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, pemberian tugas, dan keteladanan. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kenakalan remaja adalah kurangnya pemberian Punishment, serta belum maksimal dalam melaksanakan pendekatan saintifik, Solusi terhadap faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kenakalan remaja adalah pertama memberikan Punishment secara tegas, serta melaksanakan pendekatan Saintifik. Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Akidah Akhlak, Kenakalan Remaja ABSTRACT Schools have an important role in shaping the personality and moral behavior of children, by instilling religious values so that religious people are created in children. Schools are also primary and secondary education institutions in the ranks of the national education ministry. Schools are a basic need for everyone, so schools are considered the second home for students (students) to get education after the first education from the family (parents). Education is the process of guiding people from darkness, ignorance, and enlightenment to knowledge. However, the educational process will not run well if it is not balanced with a good moral creed. This research is motivated by the curiosity of researchers regarding how to implement the Akidah Akhlak learning for juvenile delinquency, what are the inhibiting factors in implementing the Akidah Akhlak learning for juvenile delinquency, and what are the solutions regarding the inhibiting factors in implementing the Akidah Akhlak learning for juvenile delinquency. In this study, researchers used descriptive qualitative research and field research with the data collection tools used were observation, interviews, and documentation. Researchers used primary data sources and secondary data sources. While the data analysis technique used is an interactive technique, by means of triangulation of data sources. Based on the results of this study, it shows that the implementation of the Akidah Akhlak lesson on juvenile delinquency at MTs PSA (One-roof Islamic Boarding School) Istiqomah Islamiyah Panaragan Jaya includes three stages, namely Planning, Implementing, and Follow-up. In carrying out learning Aqidah Akhlak also carried out several methods used, namely, the first method of lectures, questions and answers, demonstrations, discussions, giving assignments, and exemplary. The obstacles faced by teachers in implementing the Akidah Akhlak learning for juvenile delinquency are the lack of giving Punishment, and not being maximal in carrying out a scientific approach. The solution to the inhibiting factors in the implementation of Akidah Akhlak learning for juvenile delinquency is to first give Punishment strictly, and implement a scientific approach. Keywords: Implementation of Learning, Moral Beliefs, Juvenile Delinquency

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:27
Last Modified: 10 Aug 2023 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item View Item