KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL DALAM MENGHAFAL JUZ AMMA (Studi pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK IT Insan Taqwa Desa Sidosari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan)

Rochmadayanti, Pardimanto (2023) KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL DALAM MENGHAFAL JUZ AMMA (Studi pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK IT Insan Taqwa Desa Sidosari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROCMADAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi verbal adalah proses komunikasi yang dilakukakan dengan simbol bahasa berupa lisan atau kata-kata. . Komunikasi ini paling banyak dipakai dalam hubungan antar manusia. Melalui kata-kata, mereka mengungkapkan perasaan, emosi, pemikiran, gagasan, atau maksud mereka, menyampaikan fakta, data, dan informasi serta menjelaskannya, saling bertukar perasaan dan pemikiran, saling berdebat, dan bertengkar, sedangkan yang dimaksud komunikasi non verbal adalah proses komunikasi yang dilakukan dengan media, gerakan tubuh,ekspresi wajah, dan isyarat lainnya. Pada proses menghafal juz amma seorang guru memperlihatkan gerakan bagian tubuh yang sesuai dengan surah qur’an yang dimaksudkan.Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dalam komunikasi verbal dan non verbal dalam proses belajar mengajar di suatu lembaga pendidikan TK IT Insan Taqwa karena materinya tentang hafalan juz amma yang sangat penting bagi pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana komunikasi verbal dan non verbal di TK IT Insan Taqwa dalam menghafal juz amma pada anak usia dini.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diteliti. Adapun, teknik pengumpulan peneliti melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen guna mendapatkan informasi data penelitian yang dibutuhkan. Kemudian peneliti menganalisa data secara konprehensif dengan cara deskriptif. Komunikasi verbal yang digunakan berupa bahasa lisan, yang merupakan ucapan (kata-kata) dalam proses pembelajaran dan didalamnya terdapat interaksi antara komunikator dan komunikan, sehingga memberikan respon berupa pertanyaan. Sedangkan pada komunikasi non verbal berupa pesan artifaktual, yang merupakan isyarat menunjukan identitas diri serta rasa, didalam pesan tersebut mendapatkan respon dari komunikan, sehingga terjadi interaksi dan respon positif. Kata kunci : Komunikasi Verbal dan Non Verbal, Hafalan Juz Amma iii ABSTRACT Verbal communication is a communication process that is carried out with language symbols in the form of words or words. . This communication is most widely used in human relations. Through words, they express their feelings, emotions, thoughts, ideas or intentions, convey facts, data and information and explain them, exchange feelings and thoughts, argue and fight with each other, while what is meant by non-verbal communication is the process of communication. done by means of media, body movements, facial expressions, and other cues. In the process of memorizing juz amma, a teacher shows movements of body parts that are in accordance with the intended surah of the Koran. Researchers are interested in conducting research on verbal and non-verbal communication in the teaching and learning process at an IT Insan Taqwa Kindergarten educational institution because the material is about memorizing juz amma which is very important for beginners. This study aims to find out how verbal and non-verbal communication in IT Insan Taqwa Kindergarten memorizes juz amma in early childhood. In this study, researchers used a qualitative research approach, which is a study that produces descriptive data in the form of written or spoken words from people or the behavior being studied. Meanwhile, the researcher's collection techniques carried out observations, interviews, and document studies in order to obtain the required research data information. Then the researcher analyzed the data comprehensively in a descriptive way. Verbal communication used is in the form of spoken language, which is utterances (words) in the learning process and in which there is interaction between the communicator and the communicant, so as to provide responses in the form of questions. Whereas in non-verbal communication in the form of artifactual messages, which are gestures showing self-identity and taste, in the message getting a response from the communicant, resulting in positive interaction and response. Keywords: Verbal and Non Verbal Communication, Juz Amma Memorization

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:21
Last Modified: 10 Aug 2023 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29554

Actions (login required)

View Item View Item