AULIA, MUTIARAFANI (2023) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN BAHAN ALAM DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Upaya Guru merupakan komponen terpenting ketika mengadakan kegiatan proses belajar mengajar disekolah. Walupun demikan, guru merupakan sosok yang ditiru, dan diteladani baik dari segi pengetahuan maupun kepribadian. Oleh karena itu, seorangat guru sangat berhati-hati dalam bertutur kata dan bertingkah laku baik diluar sekolah maupun dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, upaya guru sangat penting dalam hal membangun imajinasi anak sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang bagus. Guru perlu mengembangkan kreativitasnya sebagai upaya pembaharuan proses pembelajaran disekolah, seorang guru diharuskan mempunyai pandangan atau pendapat yang positif terhadap bagaimana menciptakan situasi dan kondisi belajar yang diharapkan, karena operasional gurulah yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran disekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengungkapkan bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak melalui bermain bahan alam di TK Harapan Jaya Bandar Lampung. Kreativitas anak usia dini adalah kreativitas yang dibawa sejak lahir, dan merupakan kemampuan untuk menghasilkan pemikiran – pemikiran yang asli, tidak biasa, dan sangat fleksibel dalam merespon dan mengembangkan pikiran dan kreativitas. Kreativitas alami anak usia dini terlihat dari rasa ingin tahunya yang besar, dengan kata lain kreativitas merupakan kemampuan anak menciptakan sesuatu yang baru berupa suatu produk kreatif hasil pemikira. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru dan anak-anak di kelas B1, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan tersebut selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Data yang telah diperoleh tersebut untuk menguji keabsahan suatu data, maka peneliti menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelaajaraan Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Alam di Taman Kanak-Kanak Harapan Bandar Lampung. Berdasarkan hasil observasi terhadap upaya guru disana, guru telah melaksanakan perannya seperti peran sebagai sumber belajar yaitu guru sudah mempersiapkan rencana pembelajaran dan media yang akan digunakan, selanjutnya peran sebagai pengelola yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang berbeda ketika dikelas dan diluar kelas, peran guru sebagai fasilitator yaitu telah memberikan iii sarana dan prasarana seperti: 1) Merencanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tema, 2) Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, 3) Memberikan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan, 4) Membagikan alat dan bahan, 5) Mengamati proses kegiatan pembelajaran, dan 6) Menilai perkembangan anak. Kata Kunci : Upaya Guru, Kreativitas Anak, Bahan Alam iv ABSTRACT The teacher's efforts are the most important component when conducting teaching and learning activities in schools. Even so, the teacher is a figure who is imitated, and imitated both in terms of knowledge and personality. Therefore, a teacher is very careful in speaking and behaving both outside of school and in the learning process. Thus, the teacher's efforts are very important in terms of building children's imagination so that they can produce a good work. Teachers need to develop their creativity as an effort to renew the learning process at school, a teacher is required to have a positive view or opinion on how to create the expected learning situations and conditions, because it is the operations of the teacher who are directly involved in the learning process at school. The purpose of this study is to find out and reveal how the teacher's efforts in developing children's creativity through playing natural materials at Harapan Jaya Kindergarten in Bandar Lampung. Early childhood creativity is creativity that is innate, and is the ability to produce original, unusual, and very flexible thoughts in responding and developing thoughts and creativity. The natural creativity of early childhood can be seen from their great curiosity, in other words, creativity is the child's ability to create something new in the form of a creative product resulting from thinking. This study is a qualitative descriptive study involving teachers and children in class B1, the data collected in this study through observation, interviews, and documentation. The resulting data is then analyzed by researchers using data reduction, displaying data and drawing conclusions. The data that has been obtained is to test the validity of a data, the researchers use triangulation techniques. The results of this study indicate that the learning process develops children's creativity through natural play at Harapan Kindergarten, Bandar Lampung. Based on the results of observations of the efforts of teachers there, the teacher has carried out his role as a learning resource, namely the teacher has prepared a lesson plan and media to be used, then the role as a manager is the teacher uses different learning methods when in class and outside the classroom, the teacher's role as a facilitator which has provided facilities and infrastructure such as: 1) Planning learning activities according to the theme, 2) Preparing tools and materials to be used, 3) Providing explanations about the activities to be carried out, 4) Distributing tools and materials, 5) v Observing the process of learning activities , and 6) Assessing the child's development. Keywords: Teacher's Efforts, Children's Creativity, Natural Materials
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:07 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:07 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29550 |
Actions (login required)
View Item |