IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SANTRI TPQ AL-AKMAL AL-KABIR SUKARAME BANDARLAMPUNG

AYUNI, RURI IRAWATI (2023) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SANTRI TPQ AL-AKMAL AL-KABIR SUKARAME BANDARLAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL IRAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Alquran adalah sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim. Alquran menurut bahasa berarti bacaan atau yang dibaca. Menurut istilah Alquran adalah wahyu Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw melalui malaikat Jibril. Alquran menggunakan bahasa Arab dan merupakan mu'jizat bagi Rasul. Orang yang membaca dan memahami Alquran akan mendapatkan pahala dan hidayah dari Allah Swt. Alquran adalah sumber hukum Islam yang pertama dan utama, dalam menetapkan suatu keputusan, seorang muslim harus berpegang teguh kepada Alquran. Skripsi ini membahas tentang "Implementasi Metode An�Nahdilyah terhadap Kemampuan Membaca Alquran Santri TPQ Al�Akmal Al-Kabir Sukarame Bandarlampung". Membaca Alquran bagi umat muslim merupakan suatu hal ibadah kepada Allah Swt. Untuk itu seorang anak haruslah diberi pemahaman serta dibiasakan untuk selalu membaca Alquran sejak dini. Untuk mendukung pembelajaran membaca Alquran diperlukan sebuah model atau metode pembelajaran yang dapat mempermudah peserta didik dalam belajar membaca Alquran. Metode yang dapat digunakan dalam belajar membaca Alquran salah satunya ialah metode An-Nahdliyah. Metode An-Nahdliyah merupakan metode pembelajaran Alquran yang disusun oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Tulung Agung. Metode ini lebih menekankan pada kesesuaian dan keteraturan dengan ketukan. Ketukan merupakan jarak pelafalan satu huruf dengan huruf lainnya, sehingga dengan ketukan bacaan santri akan sesuai baik panjang dan pendeknya dari sebuah bacaan Alquran, hal tersebut yang menjadikan metode ini unik dan memiliki kekhasan tersendiri. Metode An-Nahdliyah merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Alquran yang sudah digunakan sejak dahulu dan sudah dikenal oleh banyak masyarakat secara umum. Metode ini digunakan karena dianggap cukup efektif dalam pembelajaran Alquran diantaranya didalam membaca Alquran harus memperhatikan kebenaran dan kefasihan bacaannya melalui ketukan untuk meyesuaikan panjang pendeknya. v Peneliti akan memfokuskan pada implementasi metode An�Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran santri TPQ Al-Akmal Al-Kabir, tujuannya adalah untuk mendeskripsikan mengenai penerapan Metode An-Nahdliyah Terhadap Kemampuan Membaca Alquran Santri TPQ Al-Akmal Al-Kabir Sukarame Bandarlampung. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan segala sesuatu yang menjadi objek, kejadian ataupun gejala tertentu. objek penelitiannya adalah santri TPQ Al-Akmal Al-Kabir, Sukarame, Bandarlampung. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi Metode An Nahdliyah: Penerapan metode An- Nahdliyah salam menigkatkan kemampuan membaca santri TPQ Al-Akmal Al-Kabir Sukarame Bandarlampung, sudah berjalan dengan baik, dengan menggunakan metode ketukan, para santri lebih cepat memahami tentang cara membaca Alquran, pengajar dengan metode An-Nahdliyah harus terlebih dahulu melalui test atau pelatihan metode An Nahdliyah, sebelum terjun untuk mengajarkan metode An-Nahdliyah kepada para santri, Sumber belajar memang sangat penting dan menjadi unsur terpenting dalam proses pembelajaran. Sedangkan kekurangan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Alquran siswa di TPQ Al-Akmal Al-Kabir Sukarame Bandarlampung yakni dengan metode An-Nahdliyah ini, pengajar memberi contoh, santri mendengarkan lalu menirukan, sehingga terkesan lebih aktif pengajar daripada muridnya. Tidak semua orang bisa mengajarkan/memakai metode ini, karena hanya untuk orang yang mempunyai persyaratan bisa membaca Alquran dengan baik, mempunyai loyalitas yang tinggi, dan sudah pernah mengikuti training. Serta santri tidak bisa berkreasi sendiri dengan cara yang ia suka, karena harus mengikuti peraturan dan tata cara yang sudah ada. Kata kunci: Al-qur'an, Metode An-Nahdliyah. vi ABSTRACT The alquran is the main source of Islamic teachings and a way of life for every Muslim. According to language, the alquran means reading or reading. According to the terms of the Koran is the revelation of Allah SWT which was revealed to the Prophet Muhammad through the angel Gabriel. The Koran uses Arabic and is a miracle for the Prophet. People who read and understand the Koran will get rewards and guidance from Allah SWT. The Koran is the first and foremost source of Islamic law, in making a decision, a Muslim must adhere to the Koran. This thesis discusses "Implementation of the An-Nahdilyah Method on the Ability to Read the quran of Santri TPQ Al-Akmal Al-Kabir Sukarame Bandarlampung". Reading the Koran for Muslims is a matter of worship to Allah SWT. For this reason, a child must be given an understanding and accustomed to always reading the Koran from an early age. To support learning to read the Koran, a learning model or method is needed that can facilitate students in learning to read the Koran. One of the methods that can be used in learning to read the Koran is the An-Nahdliyah method. The An-Nahdliyah method is a Quranic learning method compiled by the Tulung Agung NU Ma'arif Education Institute. This method places more emphasis on conformity and regularity with beats. The beat is the distance between the pronunciation of one letter and another letter, so that with the beat the students' reading will match both the length and shortness of a Koran reading, this is what makes this method unique and has its own characteristics. The An-Nahdliyah method is one of the methods used in learning to read the Koran which has been used for a long time and is well known by many people in general. This method is used because it is considered quite effective in learning the Koran, including in reading the Koran one must pay attention to the correctness and fluency of the reading through tapping to adjust the short length. The researcher will focus on the implementation of the An�Nahdliyah method in improving the reading ability of the students of TPQ Al-Akmal Al-Kabir Al-Kabir. vii This research is a qualitative descriptive research, namely research that aims to describe everything that becomes an object, event or certain symptoms. the research object is the students of TPQ Al-Akmal Al-Kabir, Sukarame, Bandarlampung. Based on the results of the research, Implementation of the An Nahdliyah Method: Application of the An-Nadliyah salam method improves the reading ability of the students of TPQ Al-Akmal Al�Kabir Sukarame Bandarlampung, has gone well, by using the tapping method, the students understand more quickly about how to read the Koran, the teacher with the An-Nahdliyah method, you must first go through a test or training in the An Nahdliyah method, before plunging into teaching the An-Nahdliyah method to students. Learning resources are indeed very important and become the most important element in the learning process. Meanwhile, the lack of the An-Nahdliyah method in learning to read the Koran for students at TPQ Al-Akmal Al-Kabir Sukarame Bandarlampung is that with the An-Nahdliyah method, the teacher gives an example, the students listen and then imitate it, so that the teacher seems more active than the students. Not everyone can teach/use this method, because it is only for people who have the requirements of being able to read the Koran well, have high loyalty, and have attended training. And students cannot create their own in the way they like, because they have to follow the rules and procedures that already exist. Keywords: Alquran, An-Nahdliyah Method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:54
Last Modified: 10 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29548

Actions (login required)

View Item View Item