ANALISIS PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN PENYANDANG DIFABEL MELALUI PEMBERDAYAANEKONOMI KREATIF PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Seni Batik Tulis Shiha Ali Kabupaten Tulang Bawang)

Anggi, Fransicca (2023) ANALISIS PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN PENYANDANG DIFABEL MELALUI PEMBERDAYAANEKONOMI KREATIF PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Seni Batik Tulis Shiha Ali Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ANGGIA bab 1-2 new.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGIA full new.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dikalangan masyarakat penyandang difabel mendapat tanggapan yangkurang baik mengenai kondisi yang dimiliki dan menilai tidak dapatmengerjakan aktivitas secara mandiri terutama pekerjaan. Sehingga memerlukanpemberdayaan sesuai dengan minat dan bakat mereka.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pemberdayaan kemandirian Penyandang difabel dalam pengembangan ekonomi kreatif kelompok Seni Batik Tulis Shiha Ali di Kabupaten Tulang Bawang serta bagaimana sudut pandang ekonomi islam melihat hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pemberdayaan kemandirian Penyandang difabel di Kabupaten Tulang Bawang serta untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam tentang pemberdayaan kemandirian ekonomi kreatif kamu difabel. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode analisis kualitatif, sumber data dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Berdasarlan hasil penelitian di dapatkan simpulan bahwa Pengembangan kemandirian penyandang difabel di Kelompok Seni Batik Tulis Shiha Ali dik Kabupaten Tulang Bawang sudah terlaksana meskipun masih memerlukan beberapa perbaikan. Secara perspektif ekonomi Islam juga pengembangan kemandirian penyandang difabel di Kelompok Seni Batik Tulis Shiha Ali di Kabupaten Tulang Bawang juga sejalan dengan ekonomi Islam. Dibuktikan dengan adanya lapangan pekerjaan, lapangan usaha, meningkatkan keahlian, dan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan Penyandang difabel di sekitar Tulang Bawang. Kata Kunci: Pengembangan Kemandirian. Penyandang Difabel,Pemberdayaan Ekonomi Kreatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:35
Last Modified: 10 Aug 2023 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29546

Actions (login required)

View Item View Item