Eka, Devi Ayu Santika (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN REGGIO EMILIA DALAM PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN LOOSE PARTS DI TK SATYA DHARMA SUDJANA GUNUNG MADU LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini akan membahas tentang: “Implementasi Pendekatan Reggio Emilia Dalam Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Bermain Loose Parts Di TK Satya Dharma Sudjana Gunung Madu Lampung Tengah”. Penelitian ini bertujuan adalah mengetahui kefektifan pendektan Reggio Emilia menggunakan permainan Loose Parts dalam meningkatkan kreativtas di TK Satya Dharma Sudjan Gunung Madu Lampung Tengah. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi bagi beberapa pihak yang terkait.Teori yang mendasari pada penelitian ini diantaranya: Konsep Pendekatan Reggio Emilia, Konsep Kreativitas, Konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini menggunakan Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa TK B Satya Dharma Sudjana yang berjumlah 7 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Reggio Emilia dapat meningkatkan perkembangan Kreativitas anak dalam menerima pelajaran. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya antusias dan kemampuan kreativitas anak yang di peroleh dengan melihat dan menganalisis dari lembar observasi dan hasil karya mengalami perbaikan yang signifikan dari siklus I dan siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 03:36 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 03:36 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29545 |
Actions (login required)
View Item |