T I N J A U A N F I Q H S I Y A S A H T E R H A D A P I M P L E M E N T A S I PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Desa Belambangan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan)

ANGGIA, DWI NATA (2023) T I N J A U A N F I Q H S I Y A S A H T E R H A D A P I M P L E M E N T A S I PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Desa Belambangan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGIA DWI NATA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sampah merupakan masalah yang hingga kini masih menjadi masalah yang serius di Indonesia. Contohnya di desa Belambangan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, antara peraturan dan implementasinya di lapangan tidak sesuai, karena apa yang diatur oleh Peraturan Daerah tidak dilaksanakan oleh masyarakat dan tidak difasilitasi oleh pemerintah daerah, dalam hal ini terkait dengan pembuangan sampah sebagaimana yang telah diataur dalam peraturan daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 2 Tahun 2015 tentang pengelolaan sampah belum optimal, dilihat dari masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai dan kebun yang bisa merusak lingkungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu membuat deskriptif, gambaran, dan objektif mengenai fakta-fakta, tentang bagaimana pengelolaan sampah di desa Belambangan sesuai Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah. Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka (library research) berupa, Al-Qur’an, Hadist, Peraturan Perundang-undangan, jurnal, dokumen serta buku dan karya ilmiah lainnya. Data-data yang diambil sebagai rujukan selanjutnya dianalisis dengan cara analisis kualitatif melalui metode yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan deduktif. Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah belum berjalan dengan baik, disebabkan beberapa faktor penghambat diantaranya adalah belum tersedianya Tempat Pembuangan Sampah (TPS), pengetahuan masyarakat akan Peraturan Daerah tersebut belum tersosialisasikan, belum adanya sanksi yang membuat masyarakat merasa jera untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Adapun faktor pendukung yang sudah diupayakan oleh Pemerintah Desa yaitu dengan memberi plang pelanggaran membuang sampah, juga upaya iii memncari lahan untuk dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) namun masih belum disetujui oleh sebagian masyarakat. Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah sesuai dengan Siyasah Tanfidziyyah yang berkaitan dengan pelaksanaan pengelolaan sampah belum sesuai dnegan syari’at Islam, dikarenakan belum sepenuhnya memenuhi tanggungjawab dari para pelaksana kebijakan Peraturan Daerah mengenai pengeloaan sampah kepada warga di Desa Belambangan. Kata kunci : Fiqh Siyasah, Implementasi, Pengelolaan Sampah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:24
Last Modified: 10 Aug 2023 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29542

Actions (login required)

View Item View Item