KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL IMAN PULUNG KENCANA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

VAUZA , UMMAYATUN (2018) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL IMAN PULUNG KENCANA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN PULUNG KENCANA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT Oleh: UMMAYATUN VAUZA NPM: 1211030086 Keberhasilan kepala madrasah dalam rangka meningkatkan kinerja guru agar dapat bekerja dengan baik dalam tugasnya adalah memberikan bimbingan dan contoh kepada setiap pegawai yang bekerja di lingkungan sekolah sehingga mereka dapat bertindak, berperilaku seperti yang diinginkan dan sesuia dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Kepala madrasah mempunyai tugas membimbing, mendorong, mengarahkan, merencanakan, dan mengorganisasikan serta mengevaluasi seluruh kegiatan pendidikan dimadrasah. Kepala madrasah merupakan jabatan tertinggi di madrasah, sehingga ia berperan sebagai pemimpin madrasah dan dalam struktur organisasi madrasah yang kedudukannya paling atas. Dengan demikian kepala madrasah sangat berperan dalam meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru adalah hasil kerja guru yang dapat dicapai oleh seorang guru di lembaga pendidikan atau madrasah dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sudah optimal pelaksanaanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru”. Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang mempunyai tujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru yang berjumlah 30 orang dan 1 kepala madrasah. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan , metode interview yang ditujukan kepada guru dan kepala madrasah, dan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang mendukung dalam penelitian, serta observasi kepada guru dan kepala madrasah. Untuk menganalisa data penulis menggunakan data reduction yaitu mengumpulkan semua daa dan merangkum data yang penting, kemudian menguraikan data dalam bentuk tabel, kemudian menyimpulkan semua data yang diperoleh. Dari hasil penelitian ini maka dapat di simpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru secara keseluruhan sudah berjalan dengan maksimal, kepala madrasah sudah melaksanakan dalam mengoorganisir dan membantu staf dalam merumuskan perbaikan pengajaran, memberikan fasilitas sarana dan prasarana, melaksanakan program pengajaran yang kondusif, kemampuan kepala madrasah dalam membangkitkan dan memupuk kepercayaan pada diri pendidik dan staf madrasah, kemampuan kepala madrasah dalam membina kerja sama dalam memajukan dan melaksanakan program-program supervisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:52
Last Modified: 12 Jan 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item View Item