LEMBAGA PENDIDIKAN DAN KONTROL SOSIAL (Studi Pada SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung)

DESI, YULIYANTI (2023) LEMBAGA PENDIDIKAN DAN KONTROL SOSIAL (Studi Pada SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESI YULIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga Pendidikan merupakan merupakan sebuah institusi atau tempat dimana proses pendidikan atau belajar mengajar berlangsung, diantaranya pendidikan keluarga, sekolah, serta masyarakat dan dibentuk untuk mencapai tujuan yakni transfer ilmu pengetahuan serta budaya terhadap individu. Lingkungan sekolah menciptakan suatu pengajaran akan pengembangan sikap dan kepribadian anak didik melalui aturan dan tata tertib yang harus dipatuhi sesuai dengan nilai dan norma dalam masyarakat. Di dalam kehidupan sosial selalu terdapat alat kontrol sosial atau alat kendali untuk mengendalikan berbagai tingkah laku anggota tersebut tetap dalam batas tingkah konformis. Batasan ini dalam bentuk perintah dan larangan. Perintah dan larangan atas perilaku manusia ini dinamakan pengendalian sosial (social control). Adanya perbedaan latar belakang kepribadian yang dapat memungkinkan siswa-siswa mengalami berbagai masalah. Kontrol sosial di sekolah mempunyai peran penting dalam mengikat perilaku anak (pelajar), hal ini bertujuan agar anak tersebut tidak melakukan kenakalan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan berupa data perimer dan data sekunder. Setelah keseluruhan data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis dengan metode deskriptif melalui pendekatan induktif. Berdasarkan hasil penelitian bagaimana lembaga pendidikan sebagai alat kontrol perilaku siswa muhammadiyah 3 adalah dengan cara memberi nasihat atau teguran oleh guru yang pada saat itu melihat pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Kemudian memberikan sanksi bagi siswa yang melakukan pelanggaran berat. Selanjutakan dengan pendekatan keagamaan sesuai dengan sekolah yang memang pada dasarnya berbasis keagamaan siswa diharuskan memahami nilai-nilai keagaaman sehingga mereka mudah membedakan mana perbuatan yang baik dan yang buruk. Kemudian faktor pendorong Lembaga Pendidikan dalam menjalankan fungsi kontrolnya ada 3 yaitu: faktor iii lingkungan sekolah jika siswa beradaptasi dengan lingkungan yang baik maka siswa akan berperilaku baik pula, faktor keagamaan yaitu sesuai dengan basic sekolah yang berlandaskan keagaaman diharuskan siswa memahami nilai-nilai keagamaan, faktor keluarga karena keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak-anak nya. Selanjutkan faktor penghambat ada 3 yaitu: faktor lingkungan sekolah siswa yang beradaptasi dengan lingkungan yang buruk maka siswa akan berperilaku buruk juga, faktor siswa itu sendiri yaitu kurangnya kesadaran dan tanggung jawab pada diri siswa itu sendiri dan tidak ada keinginan untuk berubah, malas, kurang nya tanggung jawab dan kurang religius, faktor keluarga yang tidak harmonis timbul kekecewaan dalam diri anak dan melampiaskan kekecewaan nya mencari perhatian disekolah dengan bersikap sesuai keinginan nya dan melakukan pelanggaran disekolah Kata Kunci : Lembaga Pendidikan, Kontrol Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:09
Last Modified: 10 Aug 2023 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29537

Actions (login required)

View Item View Item