ANALISIS STRATEGI PELAYANAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PENGIRIMAN BARANG DAN JASA DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada J&T Express Sukarame Bandar Lampung)

WELA, PANESA (2023) ANALISIS STRATEGI PELAYANAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PENGIRIMAN BARANG DAN JASA DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada J&T Express Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilator belakangi oleh tingkat persaingan usaha yang semakin ketat dan konsumen yang semakin kritis mengharuskan pelaku usaha untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan etika bisnis Islam yang sesuai diharapkan perusahaan mampu berjalan dengan optimal dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih J&T express Sukarame Bandar Lampung sebagai objek penelitian. Alasannya adalah J&T express Sukarame Bandar Lampung merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan jasa yang ada di bandar lampung khususnya di kec. Sukarame yang menempatkan salah satu tujuannya pada kepuasan pelanggan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mendesripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang yang dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi focus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagimana adanya. Menurut Jane Richie penelitian kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya, di dalam dunia Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan J&T express Sukarame Bandar Lampung telah menerapkan strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan diantaranya yaitu : Bukti Fisik (tangible) yang diberikan oleh pihak perusahaan. Keandalan (reliability) adalah strategi yang dilakukan dengan kesesuaian janji. Daya tanggap (responsiveness) melayani pelanggan dengan cepat tanggap dan siap membantu pelanggan. Jaminan (assurance) yang dilakukan oleh pihak perusahaan adalah pemberian jaminan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang peneliti lakukan dapat ditarik kesimpulan mengenai pandangan etika bisnis Islam terhadap strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan sebagai berikut : Kesatuan (Tauhid), Kehendak bebas dan Tanggungjawab Berdasarkan paparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa J&T express Sukarame Bandar Lampung telah melakukan strategi yang sesuai menurut pandangan etika bisnis Islam. Kata Kunci : Strategi Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Etika Bisnis Islam iv ABSTRACT This research is motivated by the increasingly fierce level of business competition and consumers who are increasingly critical, requiring business actors to maintain customer satisfaction. By using appropriate Islamic business ethics, it is hoped that the company will be able to run optimally in increasing customer satisfaction. In connection with this, the authors chose J&T express Sukarame Bandar Lampung as the object of research. The reason is that J&T express Sukarame Bandar Lampung is one of the many service companies in Bandar Lampung, especially in the district. Sukarame which places one of its goals on customer satisfaction. The approach used in this study is a qualitative-descriptive approach, namely a research approach that seeks to describe a symptom, event, event that is happening now, in which this research photographs the events and events that are happening to be the focus of attention to then be described as they are. According to Jane Richie qualitative research is an attempt to present the social world, and its perspectives, in the world The results of the study show that the J&T express Sukarame Bandar Lampung company has implemented a service strategy to increase customer satisfaction including: Physical Evidence (tangible) provided by the company. Reliability (reliability) is a strategy that is carried out with the conformity of promises. Responsiveness serves customers quickly and is ready to help customers. Guarantee (assurance) carried out by the company is the provision of guarantees. Based on the results of the research and discussion that the researchers conducted, it can be concluded regarding the views of Islamic business ethics on service strategies in increasing customer satisfaction as follows: Unity (Tawhid), Free Will and Responsibility Based on the above explanation, it can be concluded that J&T express Sukarame Bandar Lampung has carried out appropriate strategy according to the view of Islamic business ethics. Keywords: Service Strategy, Customer Satisfaction, Islamic Business Ethics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:06
Last Modified: 10 Aug 2023 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29536

Actions (login required)

View Item View Item