IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAQU PADA PESERTA DIDIK SD ALAM LAMPUNG DI WAY HUWI LAMPUNG SELATAN

Arifa, Tusolihah (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAQU PADA PESERTA DIDIK SD ALAM LAMPUNG DI WAY HUWI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2 ARIFA TUSOLIHA.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIFA TUSOLIHA_1911100263.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran tataqu (tahsin tahfidz Qur’an) pada peserta didik di SD Alam Lampung yang terletak di Kelurahan Way Huwi Lampung Selatan, mulai dari perencanaan pembelajaran tataqu (tahsin tahfidz Qur’an), pelaksanaan pembelajaran tataqu (tahsin tahfidz Qur’an), hingga evaluasi pembelajaran tataqu (tahsin tahfidz Qur’an) pada peserta didik SD Alam Lampung, dalam hal ini yang diamati juga termasuk dengan faktor pendukung dan faktor penghambat yang ada dalam implementasi pembelajaran tataqu (tahsin tahfidz Qur’an) pada peserta didik SD Alam Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai implementasi pembelajaran tataqu pada peserta didik SD Alam Lampung, sedangkan data sekunder berupa teori-teori pendukung serta data penunjang lainnya. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tataqu (tahsin tahfidz Qur’an) pada peserta didik SD Alam Lampung terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu: Perencanaan pembelajaran, yang meliputi tujuan pembelajaran yaitu membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah, penentuan metode dan prosedur pembelajaran, target pencapaian dan materi pembelajaran, penentuan dan persiapan tenaga pendidik, serta sarana dan prasarana yang dipersiapkan. Tahap kedua, yaitu pelaksanaan pembelajaran tataqu yang dilaksanakan secara terpisah antara pembelajaran tahsin dan pembelajaran tahfidz, dengan metode, waktu, dan prosedur pelaksanaan yang berbeda. Tahap ketiga yaitu evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan dengan menentukan kriteria penilaian dan penentuan penguji terlebih dahulu, dan melaksanakan kegiatan ujian secara terpisah antara kegiatan ujian tahsin dengan ujian tahfidz (tasmi’ iii Qur’an). Terdapat faktor pendukung dari tenaga pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, serta lingkungan, sementara faktor penghambatnya yaitu dikarenakan adanya keterbatasan penggunaan buku panduan tahsin serta waktu belajar. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Tahsin, Tahfidz Qur’an iv ABSTRACT This study aims to describe the implementation of learning tataqu (tahsin tahfidz Qur'an) for students at SD Alam Lampung located in Way Huwi Village, South Lampung, starting from planning learning tataqu (tahsin tahfidz Qur'an), implementing learning tataqu (tahsin tahfidz Qur'an) 'an), to the evaluation of learning tataqu (tahsin tahfidz Qur'an) in SD Alam Lampung students, in this case what is observed also includes supporting factors and inhibiting factors that exist in the implementation of learning tataqu (tahsin tahfidz Qur'an) in participants Elementary School Alam Lampung. This study uses a qualitative approach, with the type of research that is field research (field research) which is descriptive in nature. This study uses data collection techniques of observation, interviews, and documentation. Primary data was obtained directly from respondents regarding the implementation of learning tataqu in SD Alam Lampung students, while secondary data was in the form of supporting theories and other supporting data. This study uses source triangulation and technique triangulation. Data analysis uses the theory of Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation, and verification/conclusion. The results showed that the implementation of learning tataqu (tahsin tahfidz Qur'an) for SD Alam Lampung students was divided into three stages, namely: Learning planning, which includes learning objectives, namely forming students who have good morals, determining learning methods and procedures, achieving targets and learning materials, determination and preparation of teaching staff, as well as facilities and infrastructure prepared. The second stage, namely the implementation of tataqu learning which is carried out separately between tahsin learning and tahfidz learning, with different methods, time and implementation procedures. The third stage is learning evaluation which is carried out by determining the assessment criteria and determining examiners beforehand, and carrying out exam activities separately between the tahsin exam activities and the tahfidz exam (tasmi 'Qur'an). There are supporting factors from teaching staff, students, facilities and infrastructure, and the environment, while the v inhibiting factors are due to the limited use of the tahsin guidebook and study time. Keywords: Implementation, Learning, Tahsin, Tahfidz Qur’an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:04
Last Modified: 10 Aug 2023 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29535

Actions (login required)

View Item View Item