PERAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI�NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

NUR, AMINI (2023) PERAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI�NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR AMINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Guru adalah seseorang yang mengajar suatu ilmu yang umumnya merujuk pada seorang yang profesional dengan tugasnya sebagai pendidik, membimbing, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Moderasi Beragama adalah pemahaman yang seimbang antara keyakinan agamanya sendiri (eksklusif) dan menghargai praktik keagamaan orang lain yang berbeda keyakinan. Melihat jauh kebelakang banyaknya kasus intoleransi yang terjadi di lingkup pendidikan umum, hal tersebut menjadikan guru dan sekolah perlu mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengimplementasikan nilai�nilai moderasi beragama di sekolah. Penelitian yang dilakukan penulis membahas tentang Peran Guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran Pendidikan agama Islam kelas XI di SMAN 1 Terbanggi Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru, serta peserta didik di SMAN 1 Terbanggi Besar, sedangkan untuk sumber data sekundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan peran Guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama siswa kelas XI, guru PAI menggunakan beberapa peran yaitu peran guru sebagai pendidik di kelas, sebagai motivator dikelas, sebagai model atau teladan dikelas, dan melakukan pembiasaan diluar kelas, meningkatkan kedisiplinan diluar kelas, dan memberikan perhatian khusus. Dengan adanya Peran tersebut maka nilai-nilai moderasi beragama dapat berjalan dengan baik dan intoleransi dalam beragama pada diri siswa akan dapat dimimalisir. Kata kunci: Peran Guru, Implementasi nilai moderasi beragama, Pembelajaran PAI iii ABSTRACT The teacher is someone who teaches a science which generally refers to a professional with his duties as an educator, guiding, teaching, directing, training, assessing and evaluating students. Religious moderation is a balanced understanding between one's own (exclusive) religious beliefs and respecting the religious practices of other people of different beliefs. Looking back at the many cases of intolerance that have occurred in the scope of general education, this makes teachers and schools need to implement religious moderation values for students. The purpose of this research is to describe the teacher's role in implementing religious moderation values in schools. Research conducted by the author discusses the role of the teacher in implementing the values of religious moderation in Islamic religious education learning class XI at SMAN 1 Terbanggi Besar. This study uses a descriptive qualitative research method. In collecting data, the authors use the method of observation, interviews and documentation. The primary data sources from this study are the principal, teachers, and students at SMAN 1 Terbanggi Besar, while for the secondary data sources the author uses books related to the teacher's role in implementing the values of religious moderation to students. Data were analyzed qualitatively through data reduction analysis techniques (data reduction), data display (data presentation), and drawing conclusions (verification). The results of this study can be concluded that in implementing the values of religious moderation for class XI students, PAI teachers use several roles, namely the role of the teacher as an educator in the class, as a motivator in class, as a model or role model in class, and doing habituation outside the class, increasing discipline outside the class , and pay special attention. With this role, the values of religious moderation can work well and religious intolerance in students can be minimized. Keywords: Teacher's Role, Implementation of religious moderation values, PAI Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:55
Last Modified: 10 Aug 2023 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29532

Actions (login required)

View Item View Item