PENGARUH PERSEPSI, SELF EFFICACY, DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI SYARIAH TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI BERKARIR DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Shelinda, Sholit Soleha (2023) PENGARUH PERSEPSI, SELF EFFICACY, DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI SYARIAH TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI BERKARIR DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Shelinda Sholit Soleha.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Minat adalah kecenderungan atau keinginan yang besar terhadap sesuatu objek. Pengambilan keputusan minat berkarir sangat penting bagi mahasiswa semester akhir, yaitu suatu pengambilan keputusan karier yang realitasnya diwujudkan dengan melalui jurusan yang dipilih. Dalam pengambilan keputusan minat berkarir juga harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa itu sendiri. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah persepsi, self efficacy, dan pengetahuan akuntansi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir di lembaga keuangan syariah serta bagaimana dalam ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi, self efficacy, dan pengetahuan akuntansi syariah masing-masing berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat mahasiswa berkarir di lembaga keuangan syariah dan dalam ekonomi islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 mahasiswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner dengan google form. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi, self efficacy, dan pengetahuan akuntansi syariah, dan minat mahasiswa berkarir di lembaga keuangan syariah sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi, self efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi, dan pengetahuan akuntansi syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir di lembaga keuangan syariah. Kemudian persepsi, self efficacy, dan pengetahuan akuntansi syariah secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir di lembaga keuangan syariah. Sedangkan dalam perspektif ekonomi islam, dalam menentukan karir agar dapat meraih kesuksesan yang hakiki dalam bisnis berupa tercapainya kesejahteraan harus mengandung nilai keadilan, kebenaran dan akuntabilitas. Kata Kunci: Persepsi, Self Efficacy. Pengetahuan Akuntansi Syariah, Minat Mahasiswa Akuntansi. iii Abstract Interest is a tendency or a great desire for an object. Students, namely career decision-making whose reality is realized through the chosen major. In making career interest decisions, it must also be adjusted to the abilities of the students themselves. This study aims to determine whether perception, self-efficacy, and knowledge of Islamic accounting each influence students' interest in having a career in Islamic financial institutions. The formulation of the research problem is whether perception, self-efficacy, and accounting knowledge partially and simultaneously influence the interest of accounting students to have careers in Islamic financial institutions and how in Islamic economics. This study aims to determine whether perception, self-efficacy, and knowledge of sharia accounting each partially and simultaneously affect students' interest in careers in Islamic financial institutions and in Islamic economics. This research is a field research that uses a quantitative approach. The sample used in this study were 68 students. While the data collection technique used is the distribution of questionnaires with the Google form. Data were processed using SPSS version 25. The independent variables in this study were perception, self-efficacy, and knowledge of Islamic accounting, and students' interest in having a career in Islamic financial institutions as the dependent variable. The results showed that perception, self-efficacy had a significant effect on the interest of accounting students, and knowledge of sharia accounting had no significant effect on the interest of accounting students to work in Islamic financial institutions. Then perception, self-efficacy, and knowledge of sharia accounting together (simultaneously) have a significant effect on the interest of accounting students to have careers in Islamic financial institutions. Whereas in the perspective of Islamic economics, in determining a career in order to achieve true success in business in the form of achieving prosperity, it must contain the values of justice, truth and accountability. Keywords: Perception, Self Efficacy. Knowledge of Sharia Accounting, Interest in Accounting Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:46
Last Modified: 09 Aug 2023 08:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29522

Actions (login required)

View Item View Item