PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP FIRM VALUE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2018-2021)

Ameliana, Sembiring (2023) PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP FIRM VALUE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2018-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Firm value merupakan tingkat keberhasilan perusahaan yang dilihat dari harga sahamnya. Semakin tinggi firm value, maka kemakmuran para pemegang saham juga akan lebih terjamin. Firm value yang tinggi akan memberikan return yang lebih besar juga kepada para pemegang saham, sehingga kemakmuran yang dirasakan oleh pemegang saham dan keinginan investor untuk berinvestasi akan lebih meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh islamic social reporting dan profitabilitas terhadap firm value. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Perusahaan yang diteliti adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) dengan sampel sebanyak sepuluh (10) perusahaan yang diperoleh dengan metode purposive sampling selama empat (4) tahun, yaitu periode 2018-2021 sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah empat puluh (40) sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan jenis data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi data panel dengan bantuan program Eviews 12. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Islamic Social Reporting tidak berpengaruh terhadap Firm Value, dikarenakan para investor tidak melihat pengungkapan ISR sebagai dasar pengambilan keputusan dalam berinvestasi dan ISR dinilai tidak memberikan nilai tambah yang dapat meningkatkan firm value. Profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap Firm Value, dikarenakan ketika perusahaan memperoleh profitabilitas yang besar maka akan mampu meningkatkan firm value. Secara simultan menunjukkan hasil bahwa Islamic Social Reporting dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Firm Value, hal ini mengindikasikan bahwa Islamic Social Reporting dan Profitabilitas mempunyai kontribusi dan mempengaruhi Firm Value. Kata Kunci : Islamic Social Reporting, Profitabilitas, dan Firm Value. iv ABSTRACT Firm value is the company's level of success as seen from its stock price. The higher the firm value, the prosperity of the shareholders will also be more secure. A high firm value will also provide greater returns to shareholders, so that the prosperity felt by shareholders and the desire of investors to invest will increase. The purpose of this study was to determine the effect of Islamic social reporting and profitability on firm value. This study uses a type of quantitative research. The companies studied were all companies registered on the Jakarta Islamic Index (JII) with a sample of ten (10) companies obtained by the purposive sampling method for four (4) years, namely the period 2018-2021 so that the total sample is forty (40) sample. Data collection in this study is documentation with secondary data types in the form of financial reports and annual reports of companies registered on the Jakarta Islamic Index (JII). The data analysis technique used in this study is a panel data regression analysis technique with the help of the Eviews 12 program. The results in this study indicate that partially the Islamic Social Reporting variable has no effect on Firm Value, because investors do not see ISR disclosure as a basis for making investment decisions and ISR is considered not to provide added value that can increase firm value. Profitability partially affects Firm Value, because when a company obtains high profitability it will be able to increase firm value. Simultaneously the results show that Islamic Social Reporting and Profitability have an effect on Firm Value, this indicates that Islamic Social Reporting and Profitability have contributed to and influenced Firm Value. Keywords: Islamic Social Reporting, Profitability, and Firm Value

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:36
Last Modified: 09 Aug 2023 08:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29521

Actions (login required)

View Item View Item