DAMPAK OBJEK WISATA SAUNG DJUNJUNGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN KEAGAMAAN MASYARAKAT (Studi Desa Sukabanjar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)

SEPTI, ANDRIYANI (2023) DAMPAK OBJEK WISATA SAUNG DJUNJUNGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN KEAGAMAAN MASYARAKAT (Studi Desa Sukabanjar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SEPTI ANDRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Saung Djunjungan merupakan salah satu objek wisata buatan yang ada di Desa Sukabanjar, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Saung Djunjungan yang telah berdiri sejak tahun 2012. Fasilitas yang tersedia di Saung Djunjungan cukup banyak sehingga ramai dikunjungi wisatawan baik dari Pesawaran maupun luar Pesawaran. Penelitian ini berfokus pada dampak dari keberadaan objek wisata Saung Djunjungan terhadap kesejahteraan sosial dan keagamaan masyarakat Desa Sukabanjar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak Saung Djunjungan terhadap kesejahteraan sosial dan keagamaan masyarakat Desa Sukabanjar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, artinya menjelaskan kondisi masyarakat berdasarkan data yang bersifat apa adanya dilapangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara langsung dan didukung dengan dokumentasi. Adapun pengambilan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik ini dilakukan dengan pemilihan informan pada karakteristik tertentu yang dianggap memiliki hubungan dengan karakteristik banyak orang yang sudah diketahui sebelumnya. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, maka dipilihlah enam orang yang dijadikan informan untuk dimintai informasinya tentang Saung Djunjungan. Data yang diperoleh dari keenam informan tersebut kemudian di reduksi dan di verifikasi sebelum akhirnya ditarik menjadi kesimpulan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Saung Djunjungan sebagai objek wisata memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi dan keagamaan masyarakat Desa Sukabanjar. Hadirnya Saung Djunjungan membuka lapangan kerja dan kesempatan kerja bagi warga Desa Sukabanjar. Terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga menambah pendapatan atau penghasilan sehingga dapat mencukupi kebutuhan hidupnya, mengurangi pengangguran, dan kemiskinan di Desa Sukabanjar. Saung Djunjungan juga berdampak terhadap dimensi keagamaan iii masyarakat yang sangat diperhatikan oleh pemilik Saung Djunjungan dengan membangun mushola. Pihak Saung Djunjungan sangat memerhatikan ibadah shalat lima waktu. Selain pada aspek ibadah vertikal, ibadah sosial juga ditekankan oleh pemilik Saung Djunjungan kepada karyawannya dengan menyisihkan sebagian gaji atau penghasilan yang didapatkan dari Saung Djunjungan untuk disedekahkan kepada orang yang membutuhkan. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada aspek keagamaan masyarakat. Kata Kunci: Saung Djunjungan, Kesejahteraan Sosial, Keagamaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:06
Last Modified: 09 Aug 2023 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29516

Actions (login required)

View Item View Item