ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN (STUDI KASUS DI TOKO SENDAL, SEPATU DI PASAR SENTRAL KOTABUMI)

MEGA, SRI NOVI HOKTIMAH (2023) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN (STUDI KASUS DI TOKO SENDAL, SEPATU DI PASAR SENTRAL KOTABUMI). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Melihat dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya bahwa terdapat gap research, di mana dalam Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi telah menerapkan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran, hal ini terlihat dari kejujuran yang dilakukan oleh karyawan Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi, yaitu saat konsumen menanyakan barang yang mau dibeli kadang-kadang dijawab dengan tidak jujur manakala ada barangnya dijawab tidak ada karena penawaran konsumen yang sangat murah,. Selain itu, saat konsumen menanyakan barang lama dan baru, karyawan tidak menjelaskan dengan jelas antara kualitas barang lama dan baru. Keterbukaan dapat dilakukan karyawan Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi yaitu saat waktu jam shalat tiba karyawan jarang memberitahukan kepada konsumen atau atasannya jika mau melaksanakan shalat, selain itu saat karyawan tidak masuk kerja harus ijin dengan terbuka agar nantinya pelanggan tidak kecewa. Hal itulah juga dilakukan oleh Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi. Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi bergerak dalam bidang fashion sepatu. Produk yang dijual adalah produk yang bergaya dengan menggunakan model terkini namun tetap dalam tatanan sesuai dengan syariat Islam. Sesuai latar belakang yang telah dipaparkan pada paragraf- paragraf sebelumnya, penelitian ini diarahkan untuk meneliti penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk meneliti tentang “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Komunikasi Pemasaran (Study Kasus Pada Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi)”. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana penerapan analisis etika bisnis islam pada Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi?. Bagaimana komunikasi pemasaran pada pada Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui penerapan analisis etika bisnis islam pada Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi. Untuk mengetahui komunikasi pemasaran pada pada Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi. Penelitian ini dilaksanakan di Toko Sendal, Sepatu Pasar Sentral Kotabumi yang beralamatkan di Jl. Soekarno Hatta, Kota Alam, Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara. Adapun metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang didasarkan pada pengumpulan, analisis, dan interprestasi data berbentuk narasi serta visual (bukan angka) untuk memperoleh pemahaman mendalam dari fenomena tertentu. Pengumpulan data merupakan suatu rangkaian penting dalam melaksanakan penelitian. Melalui pengumpulan data, akan diperoleh suatu informasi atau fenomena penting, shahih dan terpercaya sehingga temuan yang dihasilkan oleh suatu penelitian secara ilmiah dapat dipertanggung jawabakan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian kualitatif ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tiga teknik tersebut dapat digunakan untuk fenomena yang terjadi. Melalui serangkaian aktivitas tersebut, data kualitatif yang biasanya berserakan dan bertumpuk-tumpuk dapat disederhanakan sehingga dapat dipahami dengan mudah. Berkaitan dengan hal ini, Miles dan Humberman mengemukakan tiga tahapan yang harus dikerjakan dalam menganalisis data kualitatif, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verifying. Berdasarkan pemaparan data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa penerapan etika bisnis Islam yang terjadi pada praktik jual beli sandal dan sepatu di Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi yaitu tauhid, prinsip keadilan, prinsip kebebasan, prinsip amanah, prinsip ihsan, prinsip kebajikan dan kejujuran. Sehingga penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran mempunyai kategori baik dikarenakan Toko Sendal, Sepatu di Pasar Sentral Kotabumi mampu menguasai 4 indikator dari 5 indikator penerapan etika bisnis Islam dapat dilihat dari tidak memilih-milih pembeli untuk diberi layanan yang lebih, karyawan tidak memaksakan kehendak, bersedia untuk mengganti barang jika ada kerusakan akibat dari proses pengiriman., jujur terhadap kualitas produk dan berkomunikasi dengan ramah terkecuali indikator etika bisnis Islam melalui tauhid serta mampu menguasai 3 indikator dari 4 indikator penerapan komunikasi pemasaran dapat dilihat dari melakukan promosi yang dilakukan yaitu melalui sosial media wa dan Instagram, terkecuali indikator komunikasi pemasaran dalam humas (hubungan masyarakat). Kata kunci: Penerapan Etika Bisnis Islam, Komunikasi Pemasaran. ABSTRACT Seeing from various studies conducted by previous researchers that there is a research gap, where in the Sendal Store, Shoes at the Kotabumi Central Market have implemented Islamic business ethics in marketing communications, this can be seen from the honesty carried out by the employees of the Sendal Store, Shoes at the Central Market. Kotabumi, which is when consumers ask what goods they want to buy, sometimes they are answered dishonestly. In addition, when consumers ask for old and new goods, employees do not clearly explain the quality of old and new goods. Openness can be done by employees of the Sandal and Shoe Store at the Kotabumi Central Market, namely when the time for prayer arrives, employees rarely notify consumers or their superiors if they want to pray, besides when employees do not come to work, they must openly permit so that later customers will not be disappointed. This is also done by the Sandal Shop, Shoes at the Kotabumi Central Market. The Sandal, Shoe Store at Kotabumi Central Market is engaged in shoe fashion. The products sold are stylish products using the latest models but still in an order according to Islamic law. In accordance with the background described in the previous paragraphs, this research is directed to examine the application of Islamic business ethics in marketing communications for the Sandal and Shoe Stores at the Kotabumi Central Market. Based on the explanation above, the authors are interested in researching "Analysis of the Application of Islamic Business Ethics in Marketing Communications (Case Study at the Sandal Shop, Shoes at the Kotabumi Central Market)". The formulation of the research problem is: How is the application of Islamic business ethics analysis at the Sandal and Shoe Stores at the Kotabumi Central Market?. How is the marketing communication at the Sandal and Shoe Store at the Kotabumi Central Market? The objectives of this study are: To find out the application of Islamic business ethics analysis at the Sandal and Shoe Stores at the Kotabumi Central Market. To find out the marketing communication at the Sandal and Shoe Stores at the Kotabumi Central Market. This research was conducted at the Sendal Shop, Pasar Sentral Shoes Kotabumi which is located at Jl. Soekarno Hatta, Natural City, South Kotabumi, North Lampung Regency. The research method is a qualitative research, namely research based on collecting, analyzing, and interpreting data in the form of narratives and visuals (not numbers) to gain an in-depth understanding of certain phenomena. Data collection is an important series in conducting research. Through data collection, an important, authentic and reliable information or phenomenon will be obtained so that the findings produced by a scientific research can be justified. The data collection techniques in this qualitative research are by means of interviews, observation, and documentation. These three techniques can be used for the phenomenon that occurs. Through this series of activities, qualitative data that is usually scattered and piled up can be simplified so that it can be understood easily. In this regard, Miles and Humberman suggest three stages that must be done in analyzing qualitative data, namely data reduction, data display, and conclusion drawing/verifying. Based on the data presentation that has been done, it can be seen that the application of Islamic business ethics that occurs in the practice of buying and selling sandals and shoes at the Sendal Shop, Shoes at the Kotabumi Central Market is monotheism, the principle of justice, the principle of freedom, the principle of trust, the principle of ihsan, the principle of virtue and honesty. So that the application of Islamic business ethics in marketing communications has a good category because the Sandal Shop, Shoes in Kotabumi Central Market is able to master 4 indicators out of 5 indicators of the application of Islamic business ethics can be seen from not choosing buyers to be given more service, employees do not impose their will, willing to replace goods if there is damage as a result of the delivery process, honest with product quality and communicating in a friendly manner except for indicators of Islamic business ethics through monotheism and being able to master 3 indicators out of 4 indicators of the application of marketing communication can be seen from doing promotions, namely through social media wa and Instagram, except for indicators of marketing communication in public relations (public relations). Keywords: Application of Islamic Business Ethics, Marketing Communication.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:01
Last Modified: 09 Aug 2023 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29515

Actions (login required)

View Item View Item