PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS ASSYIFA KARANG SARI LAMPUNG SELATAN

DETA, AFRIANSYAH (2023) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS ASSYIFA KARANG SARI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of DETA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah adalah seorang pemimpin dalam satuan pendidikan yang diwajibkan memiliki dasar kepemimpinan yang kuat. Maka dari itu, setiap kepala madrasah dituntut untuk memahami kunci sukses kepemimpinanya, yang di dalamnya terdapat pentingnya kepemimpinan kepala madrasah, etika kepemimpinan kepala madrasah. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa data dengan cara menggambarkan data yang telah dikumpulkan sesuai keadaan, dengan subyek penelitian Kepala Madrasah, dan guru di MTs Assyifa Karang Sari Lampung Selatan. Dimana peneliti ini memperoleh data dengan menggunakan metode observasi, wawancara sebagai metode pokok, dan dokumentasi sebagai metode pendukung, guna untuk melengkapi data-data. Dalam analisis data juga peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan panarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah peneliti lakukan bahwa, Peran Kepala Madrasah sebagai supervisor Dalam meningkatkan kinerja guru di MTs assyifa karang sari lampung selatan adalah Peran kepala madrasah sebagai koordinator, dapat mengkoordinasikan suatu kegiatan agar berjalan secara efektif yaitu, kepala madrasah selalu menyiapkan rencana yang matang, menyamakan persepsi, sikap terbuka, penegasan dan motivasi. Kepala madrasah juga mengkordinasikan program belajar mengajar disekolah dengan merumuskan visi misi untuk kemajuan dan keberhasilan akademik siswa, menciptakan suasana sekolah yang sangat layak untuk pendidikan dan pembelajaran. Dan untuk itu juga dalam masalah pada kinerja guru yaitu dengan pembinaan disiplin, mengadakan seminar, pelataihan, dan mengadakan supervisi. Kepala madrasah sebagai konsultan, dalam memberikan konsultasi terkait masalah yang dialami oleh guru, kepala madrasah harus mampu menciptakan situasi belajar mengajar yang baik, kepala madrasah juga harus memberikan pembinaan disiplin kepada guru dan siswa serta memberikan pelayanan khusus untuk madrasah, sehingga guru dan iv siswa memperoleh kenyamanan dan kepuasan dalam KBM sesuai kurikulum dan memenuhi ketentuan yang berlaku. Peran kepala madrasah sebagai evaluator, dalam evaluator yaitu membuat klasifikasi anatar fakta dan data berdasarkan indikator kompetensi, memberikan persetujuan hasil kepada guru yang dinilai,kepala madrasah madrasah juga membina guru dengan cara menjadi teladan yang baik, dengan mangadakan seminar dan pelatihan, dan bekerja sama dengan lembaga pendidikan. Kepala madrasah dalam mengevaluasi kinerja guru dengan mengacu pada prinsip evaluasi yaitu, menilai kemampuan guru dalam proses pembelajaran, memberikan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi madrasah.Dengan hasil rekomendasi, kepala madrasah, seharusnya dalam memberikan penilaian kinerja guru untuk waktunya harus rutin dilakukan 3 bulan sekali, guna untuk perbaikan kinerja pada guru, dan sebagai kepala madrasah sebaiknya selalu mengecek dan memantau kehadiran guru di kelas, guna untuk meningkatkan kinerja guru agar menjadi lebih baik kedepanya. Kata Kunci : Peran Kepala madrasah, Supervisor, Dan Kinerja Guru v ABSTRACT The madrasa head is a leader in an education unit who is required to have a strong leadership base. Therefore, every head of madrasah is required to understand the key to the success of his leadership, which includes the importance of the leadership of the head of the madrasa, the ethical leadership of the head of the madrasa. This study used descriptive qualitative, namely analyzing data by describing the data that had been collected according to the circumstances, with the research subject being the Madrasah Head, and teachers at MTs Assyifa Karang Sari, South Lampung. Where this researcher obtained data using the observation method, interviews as the main method, and documentation as a supporting method, in order to complete the data. In data analysis the researcher also used data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the analysis and discussion that the researchers have done, the role of the Madrasa Head as a supervisor in improving teacher performance at MTs Assyifa Karang Sari Lampung Selatan is the role of the Madrasa Head as a coordinator, being able to coordinate an activity so that it runs effectively, that is, the head of the Madrasa always prepares a plan that mature, equate perception, open attitude, affirmation and motivation. The madrasa head also coordinates teaching and learning programs in schools by formulating a vision and mission for student academic progress and success, creating a school atmosphere that is very appropriate for education and learning. And for this reason, there are also problems with teacher performance, namely by fostering discipline, holding seminars and training, and supervising. The madrasa head as a consultant, in providing consultation regarding problems experienced by teachers, the madrasa head must be able to create a good teaching and learning situation, the madrasa head must also provide discipline coaching to teachers and students and provide special services for madrasas, so that teachers and students get comfort and satisfaction in teaching and learning according to the curriculum and comply with applicable regulations. The role of the madrasah head as an evaluator, in the vi evaluator is to classify facts and data based on competency indicators, give approval of the results to the teacher being assessed, the madrasah head of the madrasah also fosters teachers by being a good role model, by holding seminars and training, and collaborating with educational institutions. The madrasa head in evaluating teacher performance refers to the evaluation principle, namely, assessing the teacher's ability in the learning process, providing additional assignments that are relevant to the function of the madrasa.With the recommendation results, the head of the madrasa, in providing teacher performance assessments for the time being, must be routinely carried out every 3 months, in order to improve teacher performance, the madrasa, you should always check and monitor teacher attendancein class, in order to improve teacher performance so that it will be better in the future . Keywords: The Role Of The Madrasah Head, Supervisor, And Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:42
Last Modified: 09 Aug 2023 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29509

Actions (login required)

View Item View Item