POLA ISLAMIC PARENTING DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH DI PANTI ASUHAN TIARA PUTRI KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020 DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH SIYÃSAH (Studi Pada Panwaslu Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran)

DITA, ARYUNI (2023) POLA ISLAMIC PARENTING DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH DI PANTI ASUHAN TIARA PUTRI KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020 DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH SIYÃSAH (Studi Pada Panwaslu Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi DITA ARYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

BSTRAK Akhlakul Karimah yaitu akhlak terpuji atau disebut pula akhlak mulia, seperti memiliki sopan santun dalam bersikap atau bertutur kata, berkata jujur meski menyakitkan, menghormati orang lain, dan masih banyak lagi. Di Panti Asuhan Tiara Putri tidak semua anak memiliki Akhlakul Karimah, masih ada beberapa anak yang tidak melaksanakan tanggung jawab seperti piket, tidak mentaati aturan seperti membolos saat sedang belajar mengaji dan sebagainya. Adapun untuk dapat menghilangkan akhlak buruk tersebut serta meningkatan akhlak baik pada diri anak, butuh waktu yang tidak sebentar yang mna mereka berproses di Panti Asuhan Tiara Putri. Maka untuk itu penelitian ini dianggap penting. Dari uraian tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pola islamic parenting dalam meningkatkan Akhlakul Karimah di Panti Asuhan Tiara Putri Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pola islamic parenting dalam meningkatkan Akhlakul Karimah di Panti Asuhan Tiara Putri Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) menurut sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif. Peneitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dengan kriteria anak asuh yang berusia 12-18 tahun, atau seorang remaja serta anak asuh yang yatim/piatu. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu Terdiri atas 5 orang remaja yatim/piatu, 1 orang pengasuh, 1 orang ketua panti, serta 1 orang ustadzah sekaligus pengasuh. Data sekunder penelitian ini yaitu diperoleh dari sumber buku, jurnal dan dokumen dokumen yang berkaitan dengan judul yang terkait. Objek data yang dipilih adalah Panti Asuhan Tiara Putri Sukarame Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Temuan penelitian ini bahwa penerapan pola Islamic parenting di Panti Asuhan Tiara Putri diterapkan setiap hari kepada semua anak asuh. penerapan pola Islamic parenting menggunakan lima metode yaitu: metode keteladanan, metode kebiasaan, metode nasihat, metode dengan memberi hukuman, dan metode perhatian. Dapat disimpulkan bahwa lima metode tersebut sebagai pendukung pada penerapan pola Islamic parenting , metode tersebut memberikan efek kepada anak�anak asuh, sehingga secara bertahap Akhlakul Karimah mereka mulai meningkat jauh lebih baik dari pertama kali datang ke panti. Kata Kunci : Pola Islamic Parenting, Pengasuh, Akhlakul Karimah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:32
Last Modified: 09 Aug 2023 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29508

Actions (login required)

View Item View Item