UPAYA GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

Rio, Renaldi (2023) UPAYA GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Rio Renaldi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG Oleh Rio Renaldi Upaya guru pendidikan agama Islam menjadi prioritas utama dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Peran guru sebagaipendidik merupakan teladan, panutan, dan tokoh yang diidentifikasikan oleh peserta didik. Kedudukan sebagai pendidik menuntut guru untuk membekali diri dengan pribadi yang berkualitas berupa tanggungjawab, kewibawaan, kemandirian, dan kedisiplinan. di sekolah tersebut akan tercipta budaya yang bersifat keagamaan dan sikap toleransi beragama. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yakni dalam bentuk narasi atau paragraf dan bukan berupa angka-angka melalui proses pengumpulan data, reduksi data,. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian dapat disimpulkan guru PAI memilikiperan sebagai pendidik, fasilitator, motivator dan juga konselor. Dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama atau upaya penanaman toleransi beragama peserta didik di SMA Negri 15 Bandar Lampung mengadakan beberapa penanaman nilai toleransi Upaya guru pendidikan agama islam adalah sebagai role model yaitu penanaman nilai-nilai toleransi beragama peserta didik yang di terapkan oleh guru berupa: Sikap saling menghormati, menghargai, dan menolong. Memberikan pembelajaran pendidikan pada peserta didik dengan selalu menghubungkan dengan prilaku toleransi beragama seperti, membangun 3S (Senyum, salam sapa) dan tidak menjelekan satu sama lain. Kata Kunci : Guru PAI, Upaya Penanaman Toleransi Beragama iii ABSTRACT TEACHER EFFORTS IN INSTALLING THE VALUES OF RELIGIOUS TOLERANCE IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING AT SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG By Rio Renaldi The efforts of Islamic religious education teachers are a top priority in shaping the character of students at school. The role of the teacher as an educator is a role model, role model, and figure identified by students. The position as an educator requires teachers to equip themselves with qualified individuals in the form of responsibility, authority, independence, and discipline. in the school will create a culture that is religious and attitude of religious tolerance. As for data collection using interviews, observation and documentation. This research is a type of field research with a descriptive qualitative approach. While the method of data analysis uses descriptive qualitative analysis, namely in the form of narratives or paragraphs and not in the form of numbers through the process of data collection, data reduction,. Based on the analysis of the data from the research results, it can be concluded that PAI teachers have a role as educators, facilitators, motivators and also counselors. In cultivating an attitude of religious tolerance or efforts to instill religious tolerance of students at SMA Negri 15 Bandar Lampung, they held several tolerance values inculcation. honor, appreciate, and help. Providing educational learning to students by always connecting with the behavior of religious tolerance such as building 3S (Smiles, greetings) and not badmouthing one another. Keywords: PAI Teachers, Efforts to Cultivate Religious Tolerance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:32
Last Modified: 09 Aug 2023 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29505

Actions (login required)

View Item View Item