TINJAUAN SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENGATASI KENAIKAN HARGA MINYAK GORENG (Studi di Kantor Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung)

Dhea, Nur Aulia (2023) TINJAUAN SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENGATASI KENAIKAN HARGA MINYAK GORENG (Studi di Kantor Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of DHEA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan sosial yang ada di masyarakat kian bertambah untuk itu peran pemerintah sangat lah dibutuhkan dalam memecahkan masalah yang ada, terutama permasalahan masyarakat terkait perekonomian. Salah satu masalah yang menjadi keluhan masyarakat adalah permasalahan harga minyak goreng di Indonesia pasalnya minyak goreng menjadi mahal di pasaran dan sulit didapatkan. Harga komoditas minyak goreng terus mengalami kenaikan secara signifikan pada akhir tahun lalu. Memasuki , harganya masih belum juga mengalami penurunan, bahkan terus naik . Dalam Islam, pemerintah memiliki tanggung jawab moral dan Agama untuk mengatasi masalah kenaikan harga minyak yang merugikan rakyat, dijelaskan dalam Al-qur’an bahwasanya pemerintah haruslah memberikan peraturan atau kebijakan yang memberikan banyak maslahat agar masyarakat menjadi makmur dan sejahtera. Berdasarkan latar belakang masalah diatas penulis merumuskan masalah yaitu . Bagaimana Peran Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam mengatasi kenaikan harga minyak goreng? dan . Bagaimana Tinjauan Siyasah Tanfidziyah terhadap Peran Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam mengatasi kenaikan harga minyak goreng? Tujuan penelitian yaitu mengetahui peran pemerintah dalam mengatasi kenaikan harga minyak dan Tinjauan Siyasah Tanfidziyah terhadap Peran Pemerintah Kota Bandar Lampung. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Adapun kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah kesimpulan pertama Dinas Perdagangan Bersama Pemerintah Kota Bandar Lampung merespon Peraturan Menteri Perdagangan Nomor Tahun Tentang penetapan terbaru harga eceran tertinggi dari minyak sawit (curah) dan telah melakukan berberapa upaya dengan membentuk Tim Satgas Pangan, menghubungi semua Produsen dan Distributor, menggelarkan pasar murah diseluruh Kecamatan di Kota Bandar Lampung, melakukan pengawasan atau monitoring lebih lanjut di semua pasar tradisional dan pasar swalayan yang ada di Kota Bandar Lampung serta dan mengintensifkan aplikasi bernama SIAGABAPOK untuk memudahkan pemantauan harga bahan pokok, melakukan sidak di pasar bandar lampung dan memberikan. Sanksi administratif kepada penjual eceran minyak goreng berupa teguran dan pemberhentian kegiatan penjualan sementara Kedua menurut iv tinjauan Siyasah Tanfidziyah peran Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung telah merealisasikan ajaran nilai-nilai ajaran Islam yang berkeadilan, memerhatikan kesejahteraan rakyatnya demi tercapainya Kemashlahatan rakyat. Kata Kunci : Peran Pemerintah, Siyasah Tanfidziyah, Harga Minyak Goreng

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:01
Last Modified: 09 Aug 2023 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29502

Actions (login required)

View Item View Item