PENCIPTAAN ALAM SEMESTA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Komparatif TafsirAl-Azhar Dan Tafsir Al-Miṣbāḥ Tentang Ayat Sains)

Muhammad, Makrus (2023) PENCIPTAAN ALAM SEMESTA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Komparatif TafsirAl-Azhar Dan Tafsir Al-Miṣbāḥ Tentang Ayat Sains). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PENCIPTAAN ALAM SEMESTA DALAM PERSPEKTIF DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparatif Tafsir Al-Azhar Dan Tafsir Al-Miṣbāḥ Tentang ayat sains) Alam semesta yang memiliki susunan sangat teratur dan kompleks menjadi tanda kekuasan sang penciptanya. Alam semesta yang di dalamnya terdapat bumi sebagai tempat kehidupan bagi manusia dan sekaligus sebagai tempat kematian manusia, dan alam semesta tercipta sesuai dengan kebutuhan manusia. Penyebaran informasi tentang asal usul alam semesta melalui banyak portal berita online telah ramai hingga masyarakat mampu mengakses teori-teori terkait asal usul alam semesta begitu mudah. Sebagian besar portal berita online hanya memuat teori-teori alam semesta dari sumber ilmuwan barat yang sebagian teori berbeda dengan aqidah Islam dan sejauh ini belum ada pemuatan tentang teori yang bersumber dari al-Qur’an, pahadal bangsa Indonesia di dominasi oleh umat muslim. Permasalahan di atas dan ayat-ayat yang terdapat subjek “Khāliq, al-Khāliq,al-Bāri'u, al-Muṣawwir, Fāṭir” yang menunjukkan informasi adanya Tuhan sang pencipta dan ayat-ayat yang terdapat predikat “khalaqa, khalaqnā, ja’alnā, faṭara, yubdi’u, yumsiku”yang menunjukkan tentang informasi alam semesta serta penafsiran Hamka dan Quraish Shihab menjadi bahan pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses terjadinya alam semestamenurut Hamka dan Quraish Shihab dan untuk mengetahui perbedaan pendapat antara keduanya dalam teori tentang peran tuhan dan bahan materi dalam penciptaan alam semesta. Jenis penelitian ini merupakan library research dengan metode penafsiran tematik. Pengumpulan data merujuk kitab tafsīr al-Azhar karya Hamka dan tafsīr al-Miṣbāḥ karya Quraish Shihab. Analisis data menggunakan metode interpretasi dan analisis komparatif. xii Hasil penelitian ini menemukan dua temuan yaitu : 1) Proses terjadinya alam semesta diantaranya :penciptaan alam semesta tercipta dari dzat uap atau air yang secara teratur dan tersusun membentuk alam semesta melalui keteraturan yang sempurna yang dimulai dari tahap penciptaan langit selama 2 periode, kemudian tahap penciptaan bumi selama 2 periode, hingga tahap penciptaan sarana kehidupan selama 2 periode, penciptaan alam semesta tidak membutuhkan “masa”, pembentukkan alam semesta ketika materi air telah diciptakan, penyebab terjadinya pembentukkan alam semesta adalah keberadaan manusia yang akan dikembalikan kepada Rabb-Nya, dankeadaan alam semesta terus berkembangpasca penciptaan. 2) Perbedaan pendapat antara Hamka dan Quraish Shihab dalam teori tentang peran tuhan dan bahan materi dalam penciptaan alam semesta diantaranya : alam semesta telah ada karena adanya pencipta paling awal, pengada, dan pembentuk rupa, yaitu Allah Swt yang pertama kali menjadikan, menciptakan, memecah dan mengukur kadar ciptaan�Nya. Hamka berpendapat dari sudut pandang sifat Allah Swt yang Maha Berkehendak menciptakan alam semesta sedangkan Quraish Shihab berpendapat dari sudut pandang sifat alam semesta (makhluk) yang terbatas pada ukuran atau kadar. Alam semesta berasal dari bahan materi cair dan dingin yaitu air. Hamka berpendapat bahan materi alam semesta tercipta dari air kabut, sedangkan Quraish Shihab tidak berpendapat. Kata Kunci: Alam Semesta, Perspektif, Al-Qur’an. xiii ABSTRACT CREATION OF THE UNIVERSE IN PERSPECTIVEIN THE QURAN (Comparative Study of Al-Azhar Interpretation and Al-Miṣbāḥ Interpretation of Scientific Verses) The universe which has a very orderly and complex arrangement is a sign of the power of its creator. The universe in which there is earth as a place of life for humans and at the same time as a place for human death, and the universe is created according to human needs. The dissemination of information about the origin of the universe through many online news portals has been busy so that people are able to access theories related to the origin of the universe so easily. Most of the online news portals only publish theories about the universe from western sources, some of which differ from Islamic beliefs and so far there has been no publication of theories originating from the Koran, even though the Indonesian people are dominated by Muslims. The problems above and the verses contained in the subject“Khāliq, al-Khāliq,al-Bāri'u, al-Muṣawwir, Fāṭir”which shows information about the existence of God the creator and the verses that contain predicates“khalaqa, khalaqnā, ja'alnā, faṭara, yubdi'u, yumsiku”which shows the information about the universe and the interpretation of Hamka and Quraish Shihab are the material in this study. The purpose of this research is to find out the process of the creation of the universe according to Hamka and Quraish Shihab and to find out differences of opinion between the two in the theory of the role of god and matter in the creation of the universe. This type of research is library research with the method of thematic interpretation. Data collection refers to the book interpretation of al-Azhar by Hamka and Tafsir al-Miṣbāḥ by Quraish Shihab. Data analysis uses interpretation and analysis methods comparative. The results of this study found two findings, namely: 1) The process of the creation of the universe including: the creation of the xiv universe was created from a substance of vapor or water which regularly and arranged to form the universe through perfect order starting from the stage of creation of the sky for 2 periods, then the stage of creation earth during 2 periods, to the stage of creation of means of life during2 periods,the creation of the universe did not require "time",the formation of the universe when the matter of water was created,the cause of the formation of the universe is the existence of humans who will be returned to Lord His, andthe state of the universe continues to evolve post-creation. 2) Differences of opinion between Hamka and Quraish Shihab in the theory of the role of god and matter in the creation of the universeAmong them: the universe has existed because of the existence of the earliest creator, creator, and shaper, namely Allah SWT, who first created, created, divided and measured the levels of His creation. Hamka argues from the point of view of the nature of Allah SWT, who has the will to create the universe, while Quraish Shihab argues from the point of view of the nature of the universe (creatures) which is limited to size or level. The universe originated from liquid and cold material, namely water. Hamka believes that the materials of the universe were created from water mist, while Quraish Shihab does not think so. Keywords: Universe, Perspective, Al-Qur'an xv خالصة خلق الكون من ضوء القرآن ( دراسة مقارنة بين تفسير األزهر وتفسير المصباح لآليات الكونية) الكون لديه ترتيب تراكيب كاملة وهذا عَلمة على قوة خالقه. الكون فيه األرض الذي مكان لحياة اإلنسان وموته ، وخلق الكون ْلحتياجات كافية اإلنسان. انتشرت معلومات على أصول خلق الكون في إخبار مباشرة. وفيها كثيرة من نظرية خلق الكون باعتماد على نظرية الغربية وليست فيها نظرية من ضوء القرآن وتفسير، ولو كان في بَلد إندونيسيا على أكثر من المسلمين. وتلك المشكلة و آيات القرآن في شرح خلق الكون و تفاسيرها لعبد الكريم (Hamka(و قريش شهاب هي مادة بحثية. وهدف البحث لمعرفة عملية خلق الكون عند عبد الكريم (Hamka (و قريش شهاب وأيضا لمعرفة فرق التفاسير بين هما. هذا النوع من البحث البحث المكتبي وبطريقة تفسير موضوعي. يشير تحليل البيانات إلى كتاب تفسير األزهر وتفسير المصباح. نتائج هذا البحث لها نتيجتان هما: 1 )خلق الكون من الماء الذي مر بـ 6 مراحل: مرحلتان من تكوين السماوات ، مرحلتان من تكوين األرض ، مرحلتان من التكوين وسائل الحياة. ، فإن خلق الكون ْل يحتاج على "وقت". سباب خلق الكون وجود عودة اإلنسان إلى ربه ، وتستمر حالة الكون في التطور بعد الخلق. 2 )اختَلف الرأي بين عبد الكريم وقريش شهاب: قول عبد الكريم من وجهة صفة هللا سبحانه وتعالى إرادة في خلق الكون ، وأما قريش شهاب من وجهة صفة المخلوقات التي محدودة بالحجم. خلق الكون من مادة سائلة باردة ، أي الماء. قول عبد الكريم الكون خلقت من الماء ، أما قريش شهاب ليس به قول . الكلمات المفتاحية: الكون ، المنظور ، القرآن.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:59
Last Modified: 09 Aug 2023 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29501

Actions (login required)

View Item View Item