PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA

Oktaria, Yuyun (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu masalah Pembelajaran biologi di sekolah seharusnya menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan hakikat biologi, tetapi di sekolah belum terdapat bahan ajar yang sesuai dengan hakikat biologi khususnya modul pembelajaran biologi. Subyek penelitian di SMA Negeri 10 Bandar Lampung dan SMA Yadika Bandar Lampung diperoleh informasi bahwa bahan ajar yang digunakan yaitu buku cetak, LKS, dan powerpoint. Namun, di sekolah tersebut belum ada Modul pembelajaran berbasis model Inkuiri terbimbing. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk : 1) mengetahui karakteristik modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing 2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa SMA kelas X. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research And Development atau (R & D) dengan menggunakan prosedur Borg & Gall yang telah dimodifikasi yaitu 10 tahap. Pada penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap ke-7. Instrumen yang digunakan berupa kriteria penilaian untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran biologi mengetahui respon guru biologi dan peserta didik yaitu dengan menggunakan skala likert dengan lima penilaian disusun dalam bentuk ceklist.analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dari dosen ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon guru biologi dan respon peserta didik kelas X. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil 91,05%, ahli media diperoleh hasil 81,00%,ahli bahasa diperoleh hasil 87,14% dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi produk ke dosen ahli kemudian produk diuji cobakan ke respon guru biologi dan peserta didik. Diperoleh respon guru biologi dengan presentase 90%, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan dilakukan uji coba luas ke peserta didik, dengan hasil respon peserta didik menunjukan persentase 100% dinyatakan dalam kriteria sangat menarik dan sangat layak, dengan demikian modul yang dikembangkan sangat menarik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:27
Last Modified: 07 Mar 2017 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item