TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat)

DIKA, FITRIA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi full divi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pemilihan Kepala Desa sangat dipengaruhi oleh partisipasi politik masyarakat dengan cara menggunakan hak pilihnya. Menurut yang penulis ketahui di Pekon Buay Nyerupa ini partisipasi politik masyarakatnya sedikit kurang terhadap pemilihan kepala desa. Pengalaman pemilihan kepala desa 2017 di Pekon Buay Nyerupa menunjukkan banyaknya para pemilih yang tidak memberikan suaranya, karena ketidakpercayaan masyarakat yang juga dilatarbelakangi oleh kesadaran politiknya maka masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana partisipasi politik masyarakat pada pemilihan kepala desa di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat, dan Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap partisipasi politik masyarakat pada pemilihan kepala desa di Pekon Buay Nyerupa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi politik masyarakat pada pemilihan kepala Desa di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat, dan Untuk mengetahui tinjauan Fiqh Siyasah mengenai partisipasi politik masyarakat terhadap pemilihan kepala desa di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) sifat penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden mengenai partisipasi politik masyarakat pada pemilihan kepala desa, dan data sekunder yang berupa dokumen–dokumen, seperti rekapitulasi jumlah pemilih, jumlah TPS, jumlah responden maupun aktivitas sosial dan politik masyarakat yang terangkum dalam aktivitas politik masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Partisipasi politik masyarakat pada pemilihan kepala desa di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat tentunya masyarakat kurang berpartisipasi dalam pemilihan kepala desa pada tahun 2017, meskipun masyarakat memiliki pengaruh besar terhadap keaktifan iv serta kesadaran politik dalam menyalurkan hak pilihnya. Namun karena ada masyarakat di Pekon Buay Nyerupa hanya bersikap apatis dengan tidak ikut serta dikarenakan belum berkeinginan untuk memilih. Tinjauan fiqh siyasah terhadap partisipasi politik masyarakat Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat salah satu bentuknya adalah taat kepada perintah pemimpin karena proses partisipasi politik itu merupakan perintah dari pemimpin. Namun karena masyarakat kurang berpartisipasi dalam pemilihan kepala desa maka hal ini belum sesuai dengan fiqh siyasah. Karena masih banyak masyarakat yang melaksanakan pemilihan kepala desa atas dasar kepentingan pribadi bukan untuk kemaslahatan seluruh masyarakat. Kata kunci : Fiqh Siyasah, Partisipasi Politik, Kepala Desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:45
Last Modified: 09 Aug 2023 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29498

Actions (login required)

View Item View Item