STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS PANTI ASUHAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK YATIM PIATU PADA PANTI ASUHAN AS-SAMINAH BANDAR LAMPUNG

Anisa, Novyana (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS PANTI ASUHAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK YATIM PIATU PADA PANTI ASUHAN AS-SAMINAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Anisa Novyana KPI 2015.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS PANTI ASUHAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK YATIM PIATU PADA PANTI ASUHAN AS-SAMINAH BANDAR LAMPUNG OLEH ANISA NOVYANA Skripsi ini adalah salah satu kajian ilmiah yang membahas tentang strategi komunikasi pengurus panti asuhan dalam membangun kepercayaan diri anak yatim piatu pada panti asuhan as.saminah Bandar Lampung. Penelitian ini memberikan batasan masalah yaitu Strategi apa yang dipakai oleh para pengurus panti dan Faktor pendukung dan penghambat apa sajakah yang terjadi dalam penerapan membangun kerpercayaan diri anak yatim piatu di panti asuhan As.Saminah.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pengurus panti dalam membangun kepercayaan diri anak yatimnya.Untuk mengetahui faktor yang terjadi dalam membangun kepercayaan diri anak yatim di PantiAsuhanAs.Saminah Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian bersifat kualitatif dengan mengambil latar Panti Asuhan dan yang menjadi subyek adalah Pengasuh Panti yang berjumlah 3 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumntasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan ,dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan (1) Usaha yang dilakukan Para Pembina dalam menumbuhkan rasa Percaya diri pada remaja anak asuh anatar lain. Memberikan kebebasan, memberikan nasihat dan pengarahan, melibatkan remaja dalam berbagai kegiatan, memberikan pembinaan pendidikan dan agama, melatih keterampilan, melatih kemandirian, menerapkan displin yang konsisten, memberikan penghargaan atas prestasi, pembinaan dengan hukuman.(2) Usaha yang dilakukan Pengurus panti sudah sesuai dengan teori teori tentang cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak di Panti Asuhan As Saminah dan membuahkan hasil yang positif. Hal ini terlihat dari prilaku anak anak panti yang menunjukan adanya rasa percaya diri serta banyaknya remaja yang berprestasi baik dalam akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:41
Last Modified: 09 Aug 2023 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29491

Actions (login required)

View Item View Item