PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Kusumawardani, Cintya (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Pelajaran matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang di dapat dengan berfikir (bernalar). Permasalahan yang dihadapi di dunia pendidikan saat ini adalah bagaimana seorang pendidik mampu memberikan solusi yang baik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan wawancara di kelas V MIN 10 Bandar lampung pada proses pembelajaran matematika diketahui bahwa guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi seperti Team Quiz. Strategi Team Quiz merupakan salah satu strategi yang dapat menghidupkan suasana belajar, dan meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang mereka pelajari melalui cara yang menyenangkan dan tidak mengancam atau membuat mereka takut dan bosan Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Seberapa besar pengaruh strategi embelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung Metode penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk True Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung dengan jumlah populasi sebanyak 57 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Sampel Random Sampling, yaitu dari dua kelas diambil secara acak yakni kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest peserta didik pada kelas eksperimen adalah 53.95 dan postestnya 75.62 sedangkan untuk kelas kontrol nilai pretest 51.97 dan posttestnya 59.84. Hasil hipotesis menunjukan 4 bahwa Thitung 4.36 > Ttabel 2.00 apabila Fhitung lebih besar dibandingkan Ftabel oleh karena itu Hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Team Quiz memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Kata kunci : Strategi Team Quiz, Hasil Belajar dan Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 07:44
Last Modified: 10 Jan 2018 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item