PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5–6 TAHUN DI RA Al-AMANAH TANJUNG SENANG

ANIS, NUR AFIFAH (2023) PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5–6 TAHUN DI RA Al-AMANAH TANJUNG SENANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Konsistensi guru atau tenaga pendidik memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian salah satunya yaitu tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih, mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai�nilai hidup dan kehidupan. Mengajar berarti mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sedang melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada manusia. Penggunaan aplikasi TikTok yang diterapkan oleh guru sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan motorik kasar adalah salah satu wujud dari tugas guru sebagai pendidik yaitu melatih mengembangkan salah satu aspek keterampilan anak, yaitu aspek motorik kasar. Motorik kasar pada anak diindikasikan dengan cara melakukan gerakan fisik dari lagu dan video senam dari aplikasi TikTok seperti berjalan maju mundur, dan jalan di tempat, mengayunkan tangan ke kiri dan ke kanan sesuai irama senam, melompat dengan satu kaki secara bergantian tanpa terjatuh, dan bertepuk tangan ke atas dan ke bawah sambil melompat. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al�Amanah Tanjung Senang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Amanah Tanjung Senang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskritptif dengan subjek penelitian adalah 19 orang peserta didik dan 2 orang guru di kelas B3 RA Al-Amanah Tanjung Senang. Sedangkan objek penelitian ini yaitu mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan lagu dan video senam di aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Al-Amanah Tanjung Senang sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH) melaui senam irama dengan menggunakan lagu dan video senam dari aplikasi TikTok. Dari 19 peserta didik yang Berkembang Sangat Baik (BSH) 26,3% dengan iv jumlah 5 anak, peserta didik yang Berkembang Sesuai Harapan 42,1% dengan jumlah anak 8. Dan 31,8% peserta didik yang mulai berkembang dengan jumlah anak 6. Serta tidak terdapat peserta didik yang Belum Berkembang (BB). Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Amanah Tanjung Senang, aitu dilaksanakan melalui tiga tahapan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kata Kunci : Aplikasi TikTok, Media Pembelajaran, Motorik Kasar v ABSTRACT Consistency of teachers or educator have various tasks that are implemented in the form of dedication, one of which is the task of the teacher as a profession which includes educating, teaching and training, educating means continuing and developing the values of life and life. Teaching means developing science and technology while training means developing human skills. The use of the TikTok application which is applied by teachers as a learning medium to develop physical gross motor skills is one manifestation of the teacher's task as an educator, namely to train to develop one aspect of children's skills, namely gross motor aspects. Gross motor skills in children are indicated by performing physical movements from songs and gymnastic videos from the TikTok application such as walking back and forth, and walking in place, swinging your arms left and right according to the rhythm of the gymnastics, jumping on one leg alternately without falling, and clapping. hands up and down while jumping. The formulation of the problem in this research is "How to Use the TikTok Application as a Learning Media to Develop Gross Motoric in Children Aged 5-6 Years at RA Al-Amanah TanjungHappy". The purpose of this study was to find out the use of the TikTok application as a learning medium to develop physical motor skills for children aged 5-6 years at RA Al-Amanah TanjungHappy. This study used a qualitative research type with a descriptive research design with 19 students and 2 teacher in class B3 RA Al�Amanah TanjungHappy, while the object of this study was to develop gross motor skills of children aged 5-6 years by using songs and exercise videos in the TikTok application as learning media. The results of the study show that gross motor development of children aged 5-6 years at RA Al-Amanah TanjungHappy has Developed According to Expectations (BSH) through rhythmic gymnastics using songs and gymnastic videos from the TikTok application. Of the 19 students who developed very well (BSH) 26.3% with a total of 5 children, students who developed according to expectations 42.1% with a number of 8 children. And 31.8% of vi students who began to develop with a number of 6 children. And there are no students who have not developed (BB). The use of the TikTok application as a learning medium to develop gross motor skills for children aged 5-6 years at RA Al-Amanah TanjungHappy, which is carried out through three stages, the preparation stage, the implementation stage, and the evaluation stage. Keywords: TikTok Application, Learning Media, Gross Motoric

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:32
Last Modified: 09 Aug 2023 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29473

Actions (login required)

View Item View Item