PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF DALAM MENINGKATKAN HABITS OF MIND PADA MATERI SISTEM GERAK DAN SISTEM SARAF UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Studi Research and Development Kelas XI Semester II SMAN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

TUMAK NINA , SRI (2018) PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF DALAM MENINGKATKAN HABITS OF MIND PADA MATERI SISTEM GERAK DAN SISTEM SARAF UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA (Studi Research and Development Kelas XI Semester II SMAN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF (SKRIPSI)
Download (65MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF DALAM MENINGKATKAN HABITS OF MIND PADA MATERI SISTEM GERAK DAN SISTEM SARAF UNTUK SISWA KELAS X SMAN 8 BANDAR LAMPUNG Oleh Sri Tumak Nina Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penerapan asesmen formatif yang belum berjalan maksimal dan soal-soal yang digunakan sebagai bahan penilaian belum mencakup indikator dari habits of mind. Sehingga siswa tidak dapat meningkatkan kebiasaan berpikir (Habits Of Mind) yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur Borg dan Gall. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan buku kumpulan soalsoal biologi dikaitkan dengan indikator Habits of mind dan untuk mengetahui tanggapan guru dan peserta didik yaitu menggunakan skala Likert dengan empat penilaian disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli materi, ahli media, guru biologi dan siswa SMA. Hasil penelitian ini berupa: (1) Dikembangkan bahan penilaian berupa buku kumpulan soal-soal bilogi dikaitkan dengan indikator habits of mind. (2) kualitas buku kumpulan soal-soal bilogi dikaitkan dengan indikator habits of mind adalah sangat layak dengan persentase 89,58%% berdasarkan penilaian ahli materi, 71,66% oleh ahli media dengan kriteria layak. Sedangkan tanggapan guru biologi dengan persentase 88,70% dalam kriteria sangat layak. tanggapan peserta didik kelas XI dalam kriteria sangat layak dengan persentase 83,39% di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu buku kumpulan soal-soal bilogi dikaitkan dengan indikator habits of mind yang telah dikembangkan memenuhi kriteria standar kelayakan bahan penilaian dan dapat digunakan sebagai bahan penilaian dalam pembelajaran siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Kata Kunci : Asesmen Formatif, Buku Kumpulan Soal, Habits Of Mind

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:52
Last Modified: 12 Jan 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item