ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG

Angga, Susanto (2023) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+5&DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem pendidikan nasional dituntut untuk selalu melakukan pembaruan secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Kurikulum terbaru dan tengah dilaksanakan saat ini pada beberapa sekolah sebagai sekolah penggerak adalah Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka tetaplah mengutamakan pendidikan karekter melalui profil pelajara pancasila, Sebagai ideologi negara, Pancasila diharapkan bisa menjadi pedoman peserta didik dalam proses menggali ilmu, pedoman pada kehidupan sosial serta instrumen dasar yang fungsional dalam pemecahan masalah pragmatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka dan mengetahui pembentukan profil pelajar pancasila peserta didik kelas IV di SD Islam Assalam Bandar Lampung. Aspek kesiapan tenaga pendidik dalam penerapan kurikulum merdeka berdasarkan kompetensi, inovasi kreativitas dan etos kerja merupakan faktor pendorong pembentukan profil pelajar pancasila peserta didik kelas IV di SD Islam Assalam Bandar Lampung. Dari keempat aspek tersebut mendukung strategi dan model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi di SD Islam Assalam Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SD Islam Assalam Bandar Lampung sudah menerapkan kurikulum merdeka yaitu di kelas I dan IV, Hal-hal yang telah diterapkan dalam pembelajarn kurikulum merdeka yaitu pembelajaran berbasis proyek, penggunaan perangkat ajar seperti Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar, dan ditemukan juga adanya hambatan yaitu menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan membuatnya dalam bentuk Modul Ajar, kesulitan dalam menentukan metode dan strategi pembelajaran yang tepat serta dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Kunci suksesnya penerapan kurikulum merdeka yaitu pendidik dan peserta didik meningkatkan mindset ingin melakukan terobosan baru agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Kata Kunci: Penerapan Kurikulum Merdeka, Pembentukan Profil Pelajar Pancasila, SD Islam Assalam Bandar Lampung Bandar Lampung. iv ABSTRACT The national education system is required to always make updates in a planned, directed and sustainable manner. The newest curriculum and currently being implemented in several schools as a driving school is the Merdeka Curriculum. The independent curriculum still prioritizes character education through the Pancasila student profile. As a state ideology, Pancasila is expected to be a guide for students in the process of gaining knowledge, a guide to social life and a functional basic instrument in solving pragmatic problems. This study aims to determine the implementation of the independent curriculum and determine the formation of Pancasila student profiles of class IV students at SD Islam Assalam Bandar Lampung. Aspects of the readiness of educators in implementing the independent curriculum based on competence, innovation, creativity and work ethic are the driving factors for the formation of Pancasila student profiles for class IV students at SD Islam Assalam Bandar Lampung. These four aspects support effective learning strategies and models. This research is descriptive in nature using a qualitative approach. Data were obtained from interviews, observations and documentation at Assalam Islamic Elementary School Bandar Lampung. The results of the study show that Assalam Bandar Lampung Islamic Elementary School has implemented an independent curriculum, namely in grades I and IV, things that have been implemented in independent curriculum learning, namely project�based learning, the use of teaching devices such as the Learning Objective Flow (ATP) and Teaching Modules, and it was also found that there were obstacles, namely compiling a Flow of Learning Objectives (ATP) and making it in the form of Teaching Modules, difficulties in determining appropriate learning methods and strategies as well as in implementing project-based learning. The key to the success of implementing the independent curriculum is that educators and students increase the mindset of wanting to make new breakthroughs so that the results achieved can be maximized. Keywords: Implementation of the Independent Curriculum, Formation of Pancasila Student Profiles, Assalam Islamic Elementary School Bandar Lampung Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:05
Last Modified: 09 Aug 2023 12:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29465

Actions (login required)

View Item View Item