TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGENAAN DENDA ATAS KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN MOBIL RENTAL (Studi di Anugerah Rent Car Kemiling Bandar Lampung)

Maya, Dewi Apriyani (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGENAAN DENDA ATAS KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN MOBIL RENTAL (Studi di Anugerah Rent Car Kemiling Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengacu dari adanya pengenaan denda atas keterlambatan pengembalian mobil rental yang terjadi di Anugerah Rent Car Kemiling Bandar Lampung. Dalam praktik pengenaan denda atas keterlambatan pengembalian ini terdapat perbedaan pendapat tentang pengenaan denda antara pemilik dan penyewa. Dimana perbedaan tersebut sejak awal tidak diketahui adanya denda oleh penyewa, tetapi pemilik sudah memberikan kontrak tertulis yang berisikan syarat-syarat untuk menyewa mobil yang salah satunya terdapat penganaan denda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengenaan denda atas keterlambatan pengembalian mobil rental di Anugerah Rent Car dan bagaimana Tinjauan Hukum Islam tentang pengenaan denda aatas keterlambatan pengembalian mobil rental di Anugerah Rent Car. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui lebih lanjut terhadap pelaksanaan pengenaan denda atas keterlambatan pengembalian mobil rental di Anugerah Rent Car dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap pengenaan denda atas keterlambatan pengembalian mobil rental di Anugerah rent Car. Jenis penelitian ini yaitu field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Narasmber dari penelitian ini yaitu pemilik rental mobil, peagawai dan pelanggan dari Anugerah Rent Car di Kemiling Bandar Lampung. Setelah data terkumpul maka peneliti selanjutnya melakukan analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan cara berfikir deduktif. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengenaan denda atas keterlambatan pengembalian mobil rental di Anugerah Rent Car, Kemiling Bandar Lampung. Tidak sesuai dengan hukum Islam karena ada unsur gharar (ketidakjelasan) meskipun akad dan mekanisme yang dilakukan dalam pelaksanaanya sudah memenuhi rukun dan syaratnya namun bentuk akad tersebut dikategorikan dalam akad yang subhat yaitu perkara yang belum jelas ketentuan hukumnya. Realisasi perjanjian dalam pengenaan denda atas keterlambatan pengembalian mobil rental di Anugerah Rent Car, Kemiling Bandar Lampung bahwa perjanjian awal ang telah disepakati para pihak pada kenyataannya tidak adanya kesesuaian sehingga ada pihak yang merasa dirugikan. Ditinjau dari perspektif hukum Islam tindakan melanggar atau tidak menepati janji yang telah disepakati tidak diperbolehkan, namun dalam hal ini perjanjian iii menjadi sah karena rukun dan syarat yang menentukan sah atau tidaknya perjanjian telah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:37
Last Modified: 08 Aug 2023 08:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29460

Actions (login required)

View Item View Item