PENERAPAN NILAI KARAKTER DISIPLIN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK AL–AMIN KECAMATAN WAY PENGUBUAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

UTARI , AYU (2018) PENERAPAN NILAI KARAKTER DISIPLIN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK AL–AMIN KECAMATAN WAY PENGUBUAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN NILAI KARAKTER DISIPLIN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK AL–AMIN KECAMATAN WAY PENGUBUAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Oleh AYU UTARI Pada hakikatnya anak usia dini belajar sambil bermain atau sebaliknya, oleh karena itu kegiatan bermain merupakan bagian dari proses pembelajaran. Untuk menunjang pemberian rangsangan pada anak usia dini, kegiatan bermain harus dilakukan atas inisiatif dan atas keputusan anak itu sendiri. Bermain peran merupakan salah satu metode bagian dari metode bermain pada anak usia dini. Bermain peran ini juga dipandang sebagai sebuah metode yang menjadi dasar perkembangan dimensi motorik, kognitif, kreativitas, bahasa, sosial, nilai dan sikap hidup. Penelitian ini di TK Al-Amin Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan nilai karakter disiplin anak melalui metode bermain peran di TK Al-Amin Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Bagaimana penerapan nilai karakter disiplin anak melalui metode bermain peran di TK Al-Amin Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek dan objek penelitian adalah peserta didik dan guru. Sedangkan alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk menganalisis hasil penelitian penulis melakukan penarikan kesimpulan dengan cara induktif. Dari hasil penelitian penulis di lapangan dalam kegiatan bermain peran ini anak mentaati aturan permainan yang sudah diberikan oleh guru, hal ini dikarenakan anak suka dengan peran yang diberikan oleh guru, sehingga anak menikmati peran yang dimainkannya, anak juga bertanggung jawab dan anak dapat mengendalikan diri dalam bermain peran. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka penulis menyimpulkan bahwa penerapan nilai karakter disiplin anak sudah berkembang dengan baik di TK Al-Amin kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah, hal ini dikarenakan guru memberikan kebebasan pada peserta didik untuk memilih peran yang disukai dan berpindah tempat bila sudah merasa bosan dengan peran sebelumnya, dan langkah langkah yang digunakan oleh guru sudah di laksanakan secara maksimal. Kata Kunci : Disiplin, Metode Bermain Peran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:52
Last Modified: 12 Jan 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item