TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP GANTI RUGI ATAS KETIDAK SESUAIAN PENANAMAN SINGKONG DENGAN SISTEM BORONGAN (Studi di Desa Sabuk Indah, Kecamatan Abung Kunang, Lampung Utara)

NIA, FEBBI LESTARI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP GANTI RUGI ATAS KETIDAK SESUAIAN PENANAMAN SINGKONG DENGAN SISTEM BORONGAN (Studi di Desa Sabuk Indah, Kecamatan Abung Kunang, Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NIA FEBBI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi adanya praktik ganti rugi atas ketidaksesuaian penanaman singkong dengan sistem borongan di Desa Sabuk Indah Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara. Dalam menjalankan praktiknya terdapat ketidaksesuaian, semua di awali dengan perjanjian mencangkul dan menanam singkong dengan waktu yang ditentukan dan dalam pelaksanaannya tidak maksimal yang menyebabkan kerugian di alami pemilik lahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana praktik ganti rugi atas ketidaksesuaian penanaman singkong dengan sistem borongan di Desa Sabuk Indah Kecamatan Abung Kunang, dan bagaimana pandangan Hukum Islam tentang ganti rugi atas ketidaksesuaian penanaman singkong dengan sistem borongan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Pada penelitian ini sumber data dibagi menjadi dua yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, hasil observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan peneliti yaitu editing, organizing dan systemizing. Setelah diperoleh data melalui alat pengumpulan data diatas, maka akan dilakukan analisis deskriptif terhadap data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, praktik ganti rugi atas ketidaksesuaian penanaman singkong dengan sistem borongan yang terjadi di Desa Sabuk Indah Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara dilakukan oleh pihak pemilik lahan dan pekerja sudah sesuai karena ganti rugi yang dilakukan oleh pemborong atas kelalaian pemborong yang mengabaikan perjanjian yang telah disepakati sudah atas kesukarelaan pemborong dan pemilik lahan.. Selain itu Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik ganti rugi penanaman singkong dengan system borongan termasuk sebagai termasuk akad ijarah tetapi tidak memenuhi rukun dan syarat akad ijarah. Karena didalam praktik nya pihak pemborong tidak sesuai dengan perjanjian yang telah disepakti sehingga merugikan pihak pengguna jasa atau pemilik lahan. Kata Kunci : Ganti Rugi, Sistem Borongan, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:30
Last Modified: 08 Aug 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29445

Actions (login required)

View Item View Item