KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

FANNY, YURILAN ARANTINA (2023) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FANNY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan merupakan kemampuan dalam melaksanakan tugas berdasarkan kompetensi pekerjaan dan terdapat hasil yang telah diamati. Manajerial adalah orang yang menggunakan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan. Dengan demikian keterampilan manajerial adalah kemampuan seseorang dalam mengelola sumber daya organisasi yang ditetapkan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Kinerja guru merupakan gambaran tentang sikap, keterampilan, nilai, dan pengetahuan guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, yang ditunjukkan dalam penampilan, perbuatan, dan prestasi kerjanya. Kemimpinan kepala sekolah juga sangat berpengaruh terhadap kinerja guru, karena kepala sekolah merupakan orang yang mengatur, mempengaruhi, dan memberikan motivasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data penelitian diantaranya adalah kepala madrasah, waka kurikulum, dan salah satu guru di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan manajerial yang dimiliki kepala Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung mulai dari keterampilan konseptual dan keterampilan hubungan manusia. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan driangulasi teknik penelitian dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi. Tujuannya adalah untuk mempertanggungjawabkan kredibilitas data dalam penelitian yang penulis lakukan. Teknis analisis yang digunakan terbagi menjadi empat yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru telah sesuai iv dengan indikator. Pada keterampilan konseptual kepala madrasah melakukan: ) Dalam meningkatkan kinerja guru melalui perumusan program madrasah yang bertumpu pada visi, misi dan tujuan madrasah. Meningkatkan kompetensi guru dengan cara mengikutsertakan guru dalam pelatihan atau workshop. Kepala madrasah juga membentuk koordinator guru mata pelajaran. ) Mengikutsertakan guru dalam perumusan program madrasah untuk meningkatkan kinerja guru. ) Dalam meningkatkan kinerja guru kepala madrasah menciptakan iklim yang kompetitif kepada guru melalui pemberian penghargaan kepada guru yang berprestasi atau yang memiliki kinerja mengajar yang baik, dan menciptakan kerjasama yang baik kepada guru untuk kemajuan madrasah. Pada keterampilan hubungan manusia kepala madrasah melakukan: ) Menjalin kerjasama dengan guru dalam meningkatkan kinerja guru. ) Membangun semangat/motivasi dalam meningkatkan kinerja guru. ) Berkomunikasi dalam meningkatkan kinerja guru. Melalui komunikasi yang baik antara kepala madrasah dan guru diharapkan kinerja yang dimiliki oleh guru bisa lebih optimal. ) Mengevaluasi kinerja guru dengan memberikan bimbingan dan arahan kepada guru berupa masukan-masukan dalam penyelesaian tugas guru dan kepada guru yang memiliki kinerja mengajar tidak sesuai dengan pembelajaran. Pada keterampilan teknikal kepala madrasah melakukan: ) menjalankan supervisi kepada guru di kelas. ) mengevaluasi dan merevisi program kerja guru. ) mengelola program evaluasi siswa. ) mengkoordinasi penggunaan alat pengajaran, membantu guru dalam perbaikan pengajaran, dan membantu mendiagnosis kesulitan belajar siswa. ) mengatur dan mengawasi tata tertib siswa. Kata Kunci: Keterampilan Manajerial, Kepala Madrasah, Kinerja Guru v ABSTRACT Skill is the ability to carry out tasks based on job competence and there are results that have been observed. Managerial is a person who uses resources to achieve a goal. Thus managerial skill is a person's ability to manage organizational resources set in order to achieve predetermined goals. Teacher performance is a picture of the teacher's attitudes, skills, values, and knowledge in carrying out their duties and functions, which is shown in their appearance, actions, and work performance. The leadership of the school principal also greatly influences teacher performance, because the principal is the person who regulates, influences, and provides motivation for teacher performance. This study aims to describe how the managerial skills of madrasah principals improve teacher performance at Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. This study used a qualitative descriptive method, with research data sources including thehead master, deputy head of curriculum, and one of the teachers at Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. The purpose of this research is to describe the managerial skills possessed by the head of Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung starting from conceptual skills and human relations skills. The data collection techniques are carried out by interviews, observation, and documentation. To test the validity of the data in this study using source triangulation and research technique drangulation was carried out by comparing the results of interviews, observations, and documentation. The aim is to account for the credibility of the data in the research that the authors conducted. The analytical techniques used are divided into four, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the managerial skills head master in improving teacher performance are in accordance with the indicators. In the conceptual skills of the madrasah principal: ) In improving teacher performance through the formulation of madrasah programs that are based on the vision, mission and objectives of the madrasah. Improving teacher competence by involving teachers in vi training or workshops. Head master also forms a subject teacher coordinator. ) Involve teachers in the formulation of madrasah programs to improve teacher performance. ) In improving the performance of teachers, head master creates a competitive climate for teachers through awarding teachers who excel or have good teaching performance, and creating good cooperation with teachers for the progress of madrasah. In terms of human relations skills, the madrasa head performs: ) Cooperates with teachers in improving teacher performance. ) Building enthusiasm/motivation in improving teacher performance. ) Communicating in improving teacher performance. Through good communication between the head master and the teacher, it is hoped that the performance of the teacher can be more optimal. ) Evaluating teacher performance by providing guidance and direction to teachers in the form of inputs in completing teacher assignments and to teachers whose teaching performance is not in accordance with learning. In terms of technical skills, the head master performs: ) supervises the teacher in class. ) evaluate and revise the teacher's work program. ) managing student evaluation programs. ) coordinate the use of teaching tools, assist teachers in teaching improvement, and help diagnose student learning difficulties. ) regulate and supervise student discipline. Keywords: Managerial Skills, Head Master, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:28
Last Modified: 08 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29444

Actions (login required)

View Item View Item