PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTsN 1 BANDAR LAMPUNG

SEPTIAN, NURUL BAITI (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTsN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRUIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRUIPSI FULL SEPTIAN NURUL BAITI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan sistematis untuk peserta didik secara aktif agar memiliki kecerdasan, keterampilan, dan penyesuaian diri. Proses pendidikan dapat mengarahkan dan mengingatkan cara berfikir peserta didik, menumbuhkan kreatifitas peserta didik untuk menciptakan hal bermanfaat yang dapat membantu kegiatan peserta didik tersebut, dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik masing-masing serta dapat menghasilkan sebuah perubahan dalam pengetahuan, keterampilan maupun perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar akidah akhlak di MTsN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif , suatu metode yang bertujuan untuk mencari pengaruh antara minimal dua buah variabel. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Motivasi Belajar dan variabel terikat yaitu Hasil Belajar akidah akhlak di MTsN 1 Bandar Lampung. Validitas tes instrument diuji dengan rumus Product Moment dan untuk mengetahui reabilitasnya diuji dengan rumus Alpha Cronbanch untuk mengetahui teknik analisis menggunakan uji korelasi dan regresi linier, yang sebelumnya diketahui Homogenitas dan Normalitasnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 1 Bandar Lampung yang ditunjukkan dari uji regresi dengan nilai hitung 21,896 dan nilai signifikan 0,03< 0,05. kata kunci : motivasi belajar, hasil belajar, akidah akhlak. iii ABSTRACT Education is a conscious and systematic effort for active learners to have intelligence, skills and self-adjustment. The educational process can direct and remind students' ways of thinking, foster the creativity of students to create useful things that can help the activities of these students, can develop the potential that exists in each student and can produce a change in knowledge, skills and behavior. The purpose of this study was to determine the effect between learning motivation and learning outcomes on the moral creed at MTsN 1 Bandar Lampung. This study uses a quantitative method, a method that aims to find the influence of at least two variables. The variables of this study consisted of the independent variable, namely learning motivation and the dependent variable, namely the learning outcomes of the aqidah morals at MTsN 1 Bandar Lampung. The validity of the instrument test was tested with the Product Moment formula and to determine its reliability it was tested with the Cronbanch Alpha formula to find out the analytical techniques using correlation and linear regression tests, which were previously known for homogeneity and normality. The results of this study indicate that there is a significant effect of learning motivation on student learning outcomes in class VIII MTsN 1 Bandar Lampung which is shown from the regression test with a count of 21.896 and a significant value of 0.03 <0.05. Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes, Moral Beliefs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:39
Last Modified: 08 Aug 2023 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29437

Actions (login required)

View Item View Item