NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI DAN EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM

ELSI, NOVARIA (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI DAN EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ELSI NOVARIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI DAN EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM Oleh: Elsi Novaria Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan penulis terhadap krisis karakter yang tengah dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini, seperti krisis moral yang menimpa kalangan generasi muda yang berada pada kondisi yang sangat memprihatinkan. Penomena-penomena kemerosotan yang terjadi sekarang bermula dari sudah semakin hilangnya nilai dan norma, baik dan buruk ditengah-tengah masyarakat. Sehingga dengan meneliti kedua novel ini, yang mana didalam novel tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang baik seperti nilai kejujuran, disiplin, kerja keras, semangat dalam mengejar mimpi dan cita-cita dan lain-lain yang dapat dicontoh dan diwujudkan atau dipraktikkan dalam kehidupan sehari�hari oleh pembaca terutama oleh generasi penerus bangsa. Sehingga dapat menjadi manusia insan kamil. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library reserch, yaitu penelitian yang mengumpulkan data dan informasi bermacam-macam materi yang terdapat pada buku-buku atau kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari data primer dan sekunder. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode dokumentasi, sedangkan tehnik analisis datanya adalah metode analisis isi (conten analisys). Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel sang pemimpi dan edensor karya Andrea Hirata seperti nilai, religius, semangat kebangsaan, cinta tanah air, mandiri, disiplin, kreatif, kerja keras, rasa ingin tahu, gemar membaca, gotong royong, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, cinta damai, menghargai prestasi, tanggung jawab, jujur, pantang menyerah, hormat, toleransi, mandiri, tolong menolong, menghargai prestasi, demokratis dan kasih sayang. Yang mana nilai tersebut tentunya selaras dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Sebagai seorang sastrawan yang hebat, Andrea Hirata dapat mengemas rasa kekecewaannya terhadap dunia pendidikan pada masanya menjadi sebuah karya sastra yang begitu indah. Sehingga pembaca dapat ikut merasakan perjuangan seorang anak miskin untuk meraih cita-citanya. Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Sang Pemimpi dan Edensor, Nilai Pendidikan Islam iv ABSTRACT CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE NOVEL THE DREAMER AND EDENSOR BY ANDREA HIRATA AND THEIR RELEVANCE TO ISLAMIC EDUCATIONAL VALUES By: Elsi Novaria This research is motivated by the author’s concrn about the character crisis that is being faced by the Indonesian nation today, such as the moral crisis that befell the younger generation who are in a very apprehensive condition. The phenomena of the decline of gangs occurring now stem from the loss of values and norms, both good and bad, in society. So by examining these two novels, in which thereare good character education values such as the values of honesty, discipline, hard work, passion in pursuing dreams and ideals and others that can be emulated and realized or practiced in everyday life by readers, especially by the next generation of the nation. So that it becomes a perpect human being. This type of research is library research, namely research that collects data and information on various materials contained in books or literature. Data sources in this study were taken from primary and secondary data. As for the data collection technique used by the author is the dokumentations method, while the data analisys technique is the content analysis method. The results of this research are that the values of character education contained in the novel sang pemimpi and edensor by Andrea Hirata such as values, religion, nationalism, national spirit, love of the motherland, independence, discipline, reading, mutual cooperation, social care, friendship or communicative, peace-loving respect for achievement, democracy and compassion. Which of cours these values are in harmony with the values of Islamic education. As a great writer, Andrea Hirata was able to package his disappointment with the world of education at his time into a beautiful literary work. So that readers can feel the struggle of a poor malay child to achieve his goals. Keywords: The Value Of Character Education, The Novel The Dreamer And Edensor, The Value Of Islamic Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:32
Last Modified: 08 Aug 2023 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29436

Actions (login required)

View Item View Item