PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TIRTAYASA BANDAR LAMPUNG

OFALDI, SUHADA (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TIRTAYASA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI OFALDI SUHADA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TIRTAYASA BANDAR LAMPUNG Oleh OFALDI SUHADA ABSTRAK Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di era global saat ini, mengakibatkan sebagian besar masyarakat dapat mengakses internet dengan mudah. Bahkan orang tua, remaja, hingga balita sudah tidak asing lagi dengan internet. Beruntungnya hidup di era modern, yang mana teknologi sudah maju dan sangat canggih sehingga bisa menyesuaikan dengan zaman, termasuk bisa memanfaatkannya sebagai pembelajaran berjalan via online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini lebih menekankan pada analisis dalam penyimpulan secara induktif dan deduktif dengan menggunakan logika ilmiah. Alasan menggunakan metode deskriptif karena untuk mendapatkan gambaran sistematis, faktual dan akurat mengenai Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Tirtayasa Bandar Lampung. Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis E-Learning melalui WhatsApp yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Tirtayasa Bandar Lampung bisa dikatakan kurang efektif, karena selain kurangnya pencapaian tujuan pembelajaran juga tidak ada pembelajaran yang lebih efektif selain pembelajaran tatap muka. Efektifitas pembelajaran secara daring dengan media WhatsApp hanya terpenuhi sebesar 75%-80%. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan aplikasi WhatsApp memiliki beberapa kendala sehingga proses pembelajaran yang terjadi kurang maksimal. Adapun kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media WhatsApp di SMP Tirtayasa Bandae Lampung diantaranya adalah terbatasnya kuota internet, lambatnya akses internet, kapasitas handphone rendah, sinyal susah, cuaca yang tidak mendukung dan tidak semua siswa mempunyai handphone/gadget. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Daring, WhatsApp iii UTILIZING WHATSAPP SOCIAL MEDIA AS A MEANS OF LEARNING ISLAMIC EDUCATION IN TIRTAYASA SMP, BANDAR LAMPUNG By: OFALDI SUHADA ABSTRACT The development of information and communication technology in the current global era has resulted in most people being able to access the internet easily. Even parents, teenagers, and toddlers are no strangers to the internet. Luckily living in the modern era, where technology has advanced and is very sophisticated so that it can adapt to the times, including being able to use it as walking learning via online. This research is a type of descriptive qualitative research, where this research emphasizes analysis in inductive and deductive conclusions using scientific logic. The reason for using the descriptive method is because it is to get a systematic, factual and accurate picture of the use of Whatsapp social media as a learning tool for Islamic religious education at Tirtayasa Middle School, Bandar Lampung. The effectiveness of E-Learning-based Islamic Religious Education learning via WhatsApp used by Islamic Religious Education teachers at SMP Tirtayasa Bandar Lampung can be said to be less effective, because apart from the lack of achievement of learning objectives there is also no more effective learning other than face-to-face learning. The effectiveness of online learning with WhatsApp media is only fulfilled by 75% -80%. Learning Islamic Religious Education using the WhatsApp application has several obstacles so that the learning process that occurs is less than optimal. The obstacles to Islamic Religious Education teachers in using WhatsApp media at SMP Tirtayasa Bandae Lampung include limited internet quota, slow internet access, low cell phone capacity, poor signal, unfavorable weather and not all students have cell phones/gadgets. Keywords: Islamic Education, Online, WhtasApp

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:24
Last Modified: 08 Aug 2023 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29435

Actions (login required)

View Item View Item