UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PESERTA DIDIK DI MIN 2 PRINGSEWU LAMPUNG

RIZKA, ANGGRAYNI (2023) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PESERTA DIDIK DI MIN 2 PRINGSEWU LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kecakapan hidup merupakan suatu keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik agar dapat menghadapi tantangan hidup di masa yang akan datang. Pendidikan kecakapan hidup yang diselenggarakan bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik agar mempunyai kecakapan dalam mengatasi dan memecahkan berbagai persoalan yang dihadapinya. Kecakapan hidup sebagai inti dari kompetensi dan hasil pendidikan adalah kecakapan yang dimiliki untuk berani menghadapi problema hidup secara proaktif dan kreatif menemui solusi sehingga akhirnya mampu mengatasi masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana life skill peserta didik di MIN 2 Pringsewu, untuk mengetahui bagaimana upaya pembentukan life skill peserta didik di MIN 2 Pringsewu, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pembentukan life skill peserta didik di MIN 2 Pringsewu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian Guru Kelas I, Guru Kelas II, dan Guru Kelas III. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Bentuk kegiatan dalam upaya membentuk life skill peserta didik diantaranya menggosok gigi sendiri, melepas dan memakai pakaian sendiri tanpa dilayani, berpakaian rapi ketika di sekolah, melaksanakan sholat dhuha dan dzhur secara berjamaah di masjid. Baik di sekolah maupun di rumah peserta didik masing-masing dituntut untuk mandiri dalam memenuhi kebutuhannya sendiri dan juga bisa bermanfaat untuk orang di sekitarnya, 2) Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana dan orang tua yang mendukung, juga kurikulum yang dirancang adanya kegiatan dalam upaya membentuk life skill peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya yaitu terkadang tidak bersinerginya antara orang tua dan sekolah dalam melakukan upaya membentuk life skill peserta didik. Kata Kunci: Upaya, Kecakapan Hidup (Life Skill). iii ABSTRACT Life skills are skills possessed by students in order to be able to face the challenges of life in the future. The life skills education organized aims to provide knowledge and skills to students so that they have the skills to overcome and solve the various problems they face. Life skills as the core of competence and educational outcomes are skills possessed to have the courage to face life's problems proactively and creatively to find solutions so that they are finally able to overcome existing problems. This study aims to find out how the life skills of students at MIN 2 Pringsewu, to find out how the efforts to form the life skills of students at MIN 2 Pringsewu, to find out what are the supporting and inhibiting factors in efforts to form the life skills of students at MIN 2 Pringsewu. This research uses a descriptive qualitative research type, with Class I Teachers, Class II Teachers, and Class III Teachers as research subjects. Methods of data collection is done through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses several stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are as follows: 1) Forms of activities in an effort to shape the life skills of students include brushing their own teeth, removing and wearing their own clothes without being served, dressing neatly when at school, carrying out dhuha and dzhur prayers in congregation at the mosque. Both at school and at home students are each required to be independent in meeting their own needs and can also be useful for the people around them, 2) Supporting factors are supporting infrastructure and parents, as well as a curriculum that is designed to have activities in an effort to shape life student skills. While the inhibiting factors include that sometimes there is no synergy between parents and schools in making efforts to shape the life skills of students. Keywords: Effort, Life Skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:46
Last Modified: 08 Aug 2023 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29432

Actions (login required)

View Item View Item