METODE BERCERITA MENGGUNAKAN APE MEDIA AUDIOVISUAL DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI KELAS C TK-ASSALAM 1 BANDAR LAMPUNG

SITI, NURAISYAH (2023) METODE BERCERITA MENGGUNAKAN APE MEDIA AUDIOVISUAL DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI KELAS C TK-ASSALAM 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SITI NUR AISYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Metode bercerita salah satu metode yang banyak dipergunakan di Taman kanak- kanak. Cerita yang dibawakan guru secara lisan harus menarik dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan penidikan TK. Metode dalam bercerita kegiatan yang inovatif yang disenangi anak. Dengan menggunakan metode bercerita anak akan banyak memperoleh kata- kata baru sehingga dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Audio berasal dari kata audible yang artinya suara yang dapat didengarkan secara wajar oleh telinga manusia. Dengan kata lain media jenis ini hanya melibatkan indera dengar dengan memanipulasi unsur bunyi atau suara semata Sadiman berpendapat bahwa Ape Media Audiovisual adalah media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambang- lambang auditif, baik verbal (ke dalam kata-kata atau bahasa lisan) maupun non verbal.Keterampilan menyimak sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Menyimak dalam kehidupan sehari-hari misalnya berdialog antar manusia, mendengarkan radio, televisi, dan menonton film menuntut keterampilan menyimak.Simakan kosakata pertama sangat menentukan keterampilan berbahasa lainnya. Semakin banyak dan sering menyimak kosakata, pola kalimat, intonasi, dan sebagainya, semakin berkembang pula keterampilan berbicara. Bila sudah ada tradisi tulisan pada masyarakatnya maka keterampilan membaca dan menulispun turut berkembang. Karena itu tidaklah mengherankan apabila para ahli menyimpulkan menyimak adalah dasar daripada keterampilan bahasa lainnya. Metode penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas yang menggunakan suatu proses pemecahan masalah yang dilakukan secara sistematis, artinya dilakukan secara bertahap. Menurut kemmis, penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan oleh peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka. Penelitian tindakan kelas yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin, atau iii suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sudah terjadi dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan. Hasil penelitian ini terlihat bahwa anak yang belajar dengan metode bercerita berbantuan media audio, memberikan kesempatan kepada anak mendengar secara langsung apa saja yang terdapat dalam cerita tersebut. Dalam kegiatan pembelajaran ini guru sangat berperan untuk menumbuhkan suasana agar cerita yang mereka dengarkan dapat disimak dengan baik dan anak ikut dalam suasana cerita yang mereka dengar. Dengan metode bercerita berbantuan Ape Media Audiovisual sangat membantu anak agar anak dapat memperhatikan, mendengarkan, mengingat, menilai dan menanggapi cerita yang didengar. Berdasarkan pemaparan di atas, terlihat bahwa metode bercerita berbantuan Ape Media Audiovisual tepat di jadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran dan menstimulasi aspek perkembangan menyimak pada anak. Penerapan metode bercerita berbantuan Ape Media Audiovisual menjadikan anak lebih tertarik untuk mendengarkan cerita sehingga anak-anak ikut dalam kegiatan. Kata Kunci: Metode Bercerita, Ape Media Audiovisual, Kemampuan Menyimak iv ABSTRACT The storytelling method is one method that is widely used in kindergarten. The story told by the teacher orally must be interesting and invite children's attention and cannot be separated from the goals of kindergarten education. The storytelling method is an innovative activity that children enjoy. By using the storytelling method, children will acquire a lot of new words so that they can improve children's speaking skills. Audio comes from the word audible which means sound that can be heard naturally by the human ear. In other words, this type of media only involves the sense of hearing by manipulating sound or sound elements alone. non-verbal. Listening skills are very important in everyday life. Listening in everyday life, for example in dialogue between people, listening to radio, television, and watching movies requires listening skills. Listening to the first vocabulary greatly determines other language skills. The more and often you listen to vocabulary, sentence patterns, intonation, and so on, the more speaking skills will develop. When there is a writing tradition in the community, reading and writing skills also develop. Because it is not surprising that experts conclude that listening is the basis of other language skills. This research method is Classroom Action Research. Classroom action research is a problem-solving process that is carried out systematically, meaning that it is carried out in stages. According to Kemmis, action research is a form of reflective and collective research conducted by researchers in social situations to improve their social practice reasoning. Classroom action research that combines research procedures with an action carried out in a discipline, or a person's attempt to understand what has happened in a process of improvement and change. The results of this study show that children who learn with the storytelling method assisted by audio media, provide opportunities for children to hear directly v what is contained in the story. In this learning activity the teacher plays a very important role in fostering an atmosphere so that the stories they listen to can be listened to properly and the children participate in the atmosphere of the stories they hear. With thetorytelling method assisted by audio media it really helps children so that children can pay attention, listen, remember, assess and respond to the stories they hear. Based on the explanation above, it appears that the storytelling method assisted by audio media is appropriate to be used as an alternative learning method used in achieving learning objectives and stimulating aspects of listening development in children. The application of the storytelling method with the help of audio media makes children more interested in listening to stories so that children participate in activities. Keywords: Audio Method, Storytelling, Listening Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:39
Last Modified: 08 Aug 2023 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29431

Actions (login required)

View Item View Item