PENGARUH MODEL AUTONOMUS LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Nur, Vika Zahara (2023) PENGARUH MODEL AUTONOMUS LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal itu mengakibatkan keterampilan proses sains peserta didik masih rendah. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Model Autonomus Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MIN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan menggunakan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 5 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas IV A dan untuk kelas kontrol adalah kelas IV B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dari buku�buku tentang metode eksperimen dan jurnal-jurnal yang terkait dengan metode eksperimen pada materi perubahan wujud benda. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa Uji-T data yang telah dilakukan adalah thitung > ttabel (11,31 > 2,04 ) hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak H1 diterima. Artinya Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran autonomus learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Kata Kunci : Model Autonomus Learning, Keterampilan Proses Sains, IPA iii ABSTRACT The problem in this research is that students still have difficulty in understand the subject matter when the learning process occurs, it results in students science process skills being low. The purpose of this study was to see the effect of the autonomous learning model on the science process skills of students in class IV science subjects at MIN 5 Bandar Lampung. This research is a quantitative experimental research and the type of experiment is quasi experiment. Tgis type of research uses the posttest method in the experimental class and the control class. This research was conducted at MIN 5 Bandar Lampung with a sampling technique, namely the cluster random sampling technique. Sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class IVA and for the control class is class IV B. Whit data collection techniques using tests. Data were obtained from books on experimental methods and journals relates to experimental methods on material changes in the shape of objects. Based on the results of data analysis, it can be said that the T�test of the data that has been carried out is t-count > t-table (11,31 > 2,04 ), this indicates that H0 is rejected H1 is accepted. This means that there is a significant influence of the autonomous learning model on students science process skills. Keywords: Model Autonomus Learning, Science Process Skills, Science

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:24
Last Modified: 08 Aug 2023 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29429

Actions (login required)

View Item View Item