IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN BANDAR LAMPUNG

Tari, Panca Putri (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sesuai dengan visi MIN Bandar Lampung Terwujudnya Insan Terampil Membaca Al-Quran, Mandiri dan Berkarakter. Pendidikan karakter dikembangkan dan di intergrasikan dalam kurikukulum dan pembiasaan oleh pihak sekolah, dan nilai nilai karakter ditekankan dalam sekolah adalah nilai karakter religi, nilai karakter jujur, nilai karakter, toleransi dan nilai karakter disiplin. Meskipun pendidikan karakter sudah diterapkan, wali kelas IV mengungkapkan pada semester ganjil tahun pelajaran masih banyak peserta didik MIN Bandar Lampung yang perilakunya menyimpang. Seperti tidak berpakaian rapi, tidak mengerjakan PR, bertengkar, tidak sholat berjamaah, tidak piket dan datang terlambat. Saat melaksanakan pra penelitian di MIN Bandar Lampung, peneliti juga mengobservasi pengimplementasian Pendidikan karaakter yang dilakukan oleh guru didalam kelas saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, kemudian dari observasi yang peneliti lakukan ada beberapa peserta didik yang datang terlambat dan berpakaian tidak rapih. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Pendidikan karakter dalam meningkatkan perilaku peserta didik MIN Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mendesripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang yang dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi focus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagimana adanya. Menurut Jane Richie penelitian kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya, di dalam dunia Berdasarkan hasil pembahasan dalam skripsi ini, maka penulis dapat menganalisis dan mendeskripsikan sesuai dengan rumusan masalah penelitian bahwa Penerapan pendidikan didalam kelas diintegrasikan kedalam pembelajaran yang memalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iv pendidikan karakter dapat membantu dalam meningkatkan perilaku peserta didik. Pendidikan Karakter meningkatkan perilaku peserta didik dengan cara pembiasaan dan keteladanan yang dilakukan guru kepada peserta didik Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Perilaku Peserta Didik, MIN Bandar Lampung. ABSTRACT In accordance with the vision of MIN 11 Bandar Lampung, the Realization of Humans Skilled at Reading Al-Quran, Independent and Characteristic. Character education is developed and integrated into the curriculum and habituation by the school, and the character values emphasized in schools are religious character values, honest character values, character values, tolerance and disciplinary character values. Even though character education has been implemented, the homeroom teacher for class IV revealed that in the odd semester of the 2022/2023 academic year there are still many students at MIN 11 Bandar Lampung whose behavior is deviant. Such as not dressing neatly, not doing homework, fighting, not praying in congregation, not picketing and arriving late. When carrying out pre-research at MIN 11 Bandar Lampung, the researcher also observed the implementation of character education carried out by the teacher in the classroom when the teaching and learning process was taking place, then from the observations the researcher made there were some students who arrived late and were not dressed neatly. The purpose of this study was to find out the planning, implementation and evaluation of character education in improving the behavior of students at MIN 11 Bandar Lampung. The approach used in this study is a qualitative-descriptive approach, namely a research approach that seeks to describe a symptom, event, event that is happening now, in which this research photographs the events and events that are happening to be the focus of attention to then be described as they are. According to Jane Richie qualitative research is an attempt to present the social world, and its perspectives, in the world Based on the results of the discussion in this thesis, the writer can analyze and describe in accordance with the formulation of the research problem that the application of education in the classroom is integrated into learning through three stages, namely the planning stage, the learning implementation stage and the learning evaluation stage. The results of the study show that character education can help improve student behavior. Character education improves student behavior by habituation and exemplary behavior by teachers to students Keywords: Character Education, Student Behavior, MIN 11 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:58
Last Modified: 08 Aug 2023 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29425

Actions (login required)

View Item View Item