HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI MI AL-IKHLAS TANJUNG SARI NATAR LAMPUNG SELATAN

Maulidia, Uswah Khofifah (2023) HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI MI AL-IKHLAS TANJUNG SARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MAULIDIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi sikap disiplinan peserta didik yang belum maksimal, kurangnya kedisiplinan belajar peserta didik di sekolahsertakurangnya perhatian orang tua kepada anak danorang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannyasehingga lupa akan tanggung jawab untuk selalu mendampingi dan mengawasianak dalam belajar.Lingkungan keluaga sangat berpengaruh terhadap kedisiplisan belajar peserta didik di sekolah, maka perlunya dorongan dan motivasi belajar yang diberikan orang tua kepada anaknya, dengan demikiandapat dikatakan bahwa kedisiplinan belajar siswa dengan lingkungan keluarga memiliki hubungan dan peranan pentingterhadap kedisiplinan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif Korelation, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei.Penelitian ini dilaksanan di MI Al-Ikhlas Tanjung Sari Natar Lampung Selatan yang dilakukan pada tanggal 11 Januari sampai tanggal 30 Januari 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah 23 orang, sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh dimana seluruh siswa kelas V dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu dengan menggunakan angket, dan dokumentasi.Berdasarkan jenis penelitian ini menggunakan teknik analisis yaitu dengan uji normalitad dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan lingkungan keluarga dengan kedisiplinan belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan pada peserta didik kelas V di MI Al-Ikhlas Tanjung Sari Natar Lampung Selatan. Berdasarkan hasil analisis datapada nilai uji normalitas sebesar 0,095 dan nilai uji linieritas sebesar 0,991, hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa pada hasil perhitungan uji hipotesis dengan taraf signifikasni 0,05 menunjukkan 0,884>0,05. Maka dapat disimpulkan hipotesis pada penelitian terdapat diterima dimana adanya hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan kedisiplinan belajar siswa kelas V di MI Al-Ikhlas Tanjung Sari Natar Lampung Selatan ditunjukkan pada nilai sig. 0,884>0,05 artinya Ho di tolak dan Ha diterima. Kata kunci: Lingkungan Keluarga dan Kedisiplinan Belajar Siswa iii ABSTRACT The background of this disciplinary attitude of students who have not been maximized, the lack of discipline in learning students at school and the lack of attention from parents to children and parents who are too busy with their work so they forget the responsibility to always accompany and supervise children in learning.The family environment is very influential on the learning discipline of students at school, so the need for encouragement and motivation to learn is given by parents to their children, Therefore it could be stated that there was a correlation between the students’ learning discipline and the family environment also the family environment has an essential role in student’ learning discipline. The method used in this research was a quantitative research method with a descriptive correlation approach, with the type of research used was survey research. This research was conducted at MI Al-Ikhlas Tanjung Sari Natar South Lampung which was conducted from January 11 to January 30 2023. The population in this study was 23 people, the sample in this study used a saturated sample where all fifth grade students were used as a sample. 23 students. In collecting the data, this research used questionnaire and documentation. Based on type of this research, it used a prerequisite analysis test, namely the normality test and linearity test. The results showed that the relationship between the family environment and student learning discipline had a significant relationship in fifth grade students at MI Al-Ikhlas Tanjung Sari Natar, South Lampung. Based on the results of data analysis on the normality test value of 0.095 and the linearity test value of 0.991, the results also show that the results of the calculation of the hypothesis test with a significance level of 0.05 show 0.884> 0.05. So it can be concluded that the hypothesis in this study is accepted where there is a significant relationship between the family environment and the learning discipline of fifth grade students at MI Al-Ikhlas Tanjung Sari Natar South Lampung shown in the sig. 0.884> 0.05 means that Ho is rejected and Ha is accepted. Keywords: Family Environment and Student Learning Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:50
Last Modified: 08 Aug 2023 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29423

Actions (login required)

View Item View Item