PERAN GURU PAI DALAM UPAYA MENCEGAH RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA N 1 KOTAAGUNG KECAMATAN KOTAAGUNG PUSAT KABUPATEN TANGGAMUS

Deta, sari (2023) PERAN GURU PAI DALAM UPAYA MENCEGAH RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA N 1 KOTAAGUNG KECAMATAN KOTAAGUNG PUSAT KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DETA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Untuk mencegah paham radikalisme di kalangan siswa tentu sangat dibutuhkan kerja sama dari Guru Pendidikan Agama Islam yang ada di sekolah. Hal ini dikarenakan mereka merupakan salah satu pihak yang bertanggung jawab untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai ajaran agama Islam kepada siswa. Tidak seharusnya guru Pendidikan Agama Islam mengajarkan sikap-sikap yang intoleran, baik terhadap sesama muslim ataupun terhadap agama lain. Sikap lemah lembut, dan saling menghargai dan bermusyawarah tetap harus diutamakan. SMA N 1 Kotaagung ini salah satu sekolah Negeri umum yang mendorong siswa aktif terlibat dalam kegiatan keagamaan disekolah. Meskipun di SMA N 1 Kotaagung tidak ada aksi kekerasan yang mengatas namakan agama islam, yang bermula dari pemahaman agama yang keliru dan tidak inklusif. Kondidsi ini tentu harus dipertahankan oleh pihak sekolah mengingat penyebaran paham-paham ekstrim yang selalu dilakukan dengan berbagai cara maka dari itu peran seorang guru terlebih guru PAI sangatlah penting dalam menangkal bahaya radikalisme yang sedang merak terjadi. Beranjak dari permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian peran Guru PAI dalam upaya mencegah radikalisme pada peserta didik di SMA N 1 Kotaagung. Penelitian yang dilakukan penulis membahas tentang peran Guru PAI dalam upaya mencegah radikalisme pada peserta didik di SMA N 1 Kotaagung kecematan kotaagung pusat kabupaten tanggamus. Penelitian ini ialah penelitian deksritif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan peserta didik SMA N 1 Kotaagung, sedangkan untuk sumber data sekundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan peran guru PAI dalam upaya mencegah radikalisme pada peserta didik. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peran Guru PAI dalam upaya mencegah radikalisme pada peserta didik di SMA N 1 Kotaagung kecematan kotaagung pusat kabupaten tanggamus iii yaitu,dalam mencegah pemahaman radikalisme Guru PAI berperan menjadi sentral untuk memberikan arahan yang jelas kepada peserta didik Motivasi, Dorongan dan sumber Inspirasi keteladan bagi peserta didik ,memberikan contoh suri teladan menjunjung toleransi,dan Memberikan wawasan, guru PAI juga berupaya Berpegang teguh dalam nilai-nilai ahklakul karimah kemudian ajaran Islam itu harus murni artinya sesuai dengan imbawan yarosullullah. Peran guru PAI dalam upaya mencegah gerakan radikalisme, mengajarkan memberitahu, dan menyampaikan wawasan islam dengan benar, menjadi teladan dalam hal toleransi dan hidup rukun, guru PAI juga berupaya dengan berbagai kegiatan dan program disekolah guru PAI, mengawasi kegiatan keagamaan seperti rohis,iman dan taqwa, sholat zuhur berjamaah,dan PHBI, memberikan pengetahuan dan arahan , menanamkan sikap ukhwah islamiah. dan mengayitkan materi pelajaran dengan bahaya gerakan radikalisme bahwa sebagai muslim sangat dilarang, yang namanya kekerasan dalam berpendapat, tidak menghargai, dan tidak mau mendegarkan pendapat orang lain dan guru PAI juga menjelaskan bahwa tidak boleh masuk kedalam gerakan radikalisme yang dimana akan membahayakan diri sendiri. Kata Kunci: Peran Guru, Mencegah Radikalisme, Peserta Didik iv ABSTRACT To prevent radicalism among students, the cooperation of Islamic Religious Education teachers in schools is of course very much needed. This is because they are one of the parties responsible for providing a comprehensive understanding of Islamic religious teachings to students. It is not necessary that Islamic Religious Education teachers teach intolerant attitudes either towards fellow Muslims or towards other religions. a gentle attitude of mutual respect and deliberation must still be prioritized. SMA N 1 Kotaagung is one of the public schools that encourages students to be actively involved in religion at school, even though at SMA N 1 Kotaagung there are no acts of violence in the name of Islam, which stem from an erroneous understanding of religion and are not inclusive. This condition must of course be maintained by the school, bearing in mind that the spread of extreme views is always carried out in various ways. Therefore, the role of a teacher, especially teacher PAI, is very important in counteracting the dangers of radicalism that are currently happening. Moving on from these problems, researchers are interested in conducting research on the role of PAI Teachers in an effort to prevent radicalism in students at SMA N 1 Kotaagung. The research conducted by the author discussed the role of the PAI teacher in an effort to prevent radicalism in students at SMA N 1 Kotaagung, Kekematan Kotaagung, the center of Tanggamus Regency. This research is a qualitative descriptive research. In collecting data, the authors use the method of observation, interviews and documentation. The primary data sources from this study are PAI teachers, school principals, and students of SMA N 1 Kotaagung, while for secondary data sources the author uses books related to the role of Islamic education teachers in an effort to prevent radicalism in students. Data were analyzed qualitatively through data reduction analysis techniques (data reduction), data display (data presentation), and drawing conclusions (verification). The results of this study indicate that the role of the PAI teacher in efforts to prevent radicalism in students at SMA N 1 Kotaagung, the sub-district of Kotaagung, the center of Tanggamus district, namely, in preventing understanding of radicalism, the teacher of PAI plays a central role in providing clear directions to students. Motivation, encouragement and sources of inspiration exemplary for students, setting an example of upholding tolerance, and providing insight, the PAI teacher also strives to adhere to the values of ahklakul karimah then Islamic teachings must be pure in meaning according to v the image of yarosullullah. The role of the PAI teacher in efforts to prevent radicalism movements, teach to tell, and convey Islamic insights correctly, be a role model in terms of tolerance and living in harmony, the PAI teacher also tries with various activities and programs at the school. faith and piety, midday prayers in congregation, and PHBI, providing knowledge and direction, instilling an attitude of Islamic brotherhood. and linking the subject matter to the dangers of radicalism, that as a Muslim it is strictly prohibited, whose name is violence in opinion, not respecting, and not wanting to listen to the opinions of others, and Guru PAI also explained that it is not permissible to enter into a radicalism movement which will harm oneself. Keywords: The Role of the Teacher, Preventing Radicalism, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:27
Last Modified: 08 Aug 2023 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29408

Actions (login required)

View Item View Item