PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTs NEGERI SE-KOTA BANDAR LAMPUNG

ADELLA, RIYANTI (2023) PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTs NEGERI SE-KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di MTs Negeri Se-Kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTs Negeri Se-Kota Bandar Lampung yang berjumlah 170 guru. Rumus Slovin digunakan untuk menetapkan total sampel penelitian, kemudian dilakukan penentuan jumlah sampel pada masing-masing madrasah dengan menentukan proporsinya sesuai dengan jumlah guru pada madrasah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada para guru. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis penelitian yakni motivasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru. Motivasi kerja guru memberikan kontribusi pengaruh sebesar 52% terhadap kinerja guru, sehingga sisanya sebesar 48% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan dalam pembinaan guru-guru di MTs Negeri Se-Kota Bandar Lampung dalam mengelola sekolah. Kata Kunci : Kinerja Guru, Motivasi Kerja Guru iv ABSTRACT The purpose of this study was to find out how the influence of work motivation on the performance of teachers in State MTs throughout the City of Bandar Lampung. In this study, researchers used a quantitative approach. The population in this study were all teachers at State MTs in Bandar Lampung City, totaling 170 teachers. The Slovin formula was used to determine the total sample for the study, then the number of samples in each madrasah was determined by determining the proportion according to the number of teachers in the madrasa studied. Data collection was carried out using a questionnaire which was distributed directly to the teachers. The data that has been collected is then analyzed using a simple linear regression analysis technique with the help of the SPSS Version 25 program. The results of this study support the research hypothesis that teacher work motivation influences teacher performance. Teacher work motivation contributes 52% to teacher performance, so that the remaining 48% is influenced by other factors outside of research. The results of this study are useful as material for evaluating and considering MTs Negeri throughout the city of Bandar Lampung in managing schools. Keywords: Teacher Performance, Teacher Work Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:20
Last Modified: 08 Aug 2023 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29407

Actions (login required)

View Item View Item