KETERLIBATAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN ANAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA

Uswatun, Khasanah (2023) KETERLIBATAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN ANAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1+5&dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi uswatun khasanah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Keterlibatan Orang Tua Pada Pembelajaran Anak Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua Oleh: Uswatun Khasanah Orang tua memiliki keterlibatan yang mencakup berbagai perilaku anak. Dalam dunia pendidikan orang tua melakukan investasi dengan cara menyekolahkan anaknya. Orang tua memiliki keterlibatan dalam proses pembelajaran anak. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keterlibatan orang tua, salah satunya yaitu tingkat pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterlibatan orang tua pada pembelajaran anak berdasarkan tingkat pendidikan (studi kasus pada orang tua siswa SD). Populasi merupakan Orang Tua siswa/i kelas 1-6 SDN 1 Labuhan Ratu yang berjumlah 95 orang dengan teknik sampling menggunakan total sampling. Skala yang digunakan yaitu skala keterlibatan orang tua (α = 0,955). Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik One Way Anova dengan bantuan software JASP for windows. Hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu nilai statistik F Signifikan p<0.001 dan menunjukkan hasil besaran efek sebesar 0.705. Hal itu menujukkan bahwa terdapat perbedaan Keterlibatan Orang Tua ditinjau dari Tingkat Pendidikan Orang Tua, Hasil pengujian yaitu Orang Tua yang berasal dari tingkat pendidikan perguruan tinggi akan memiliki keterlibatan yang lebih besar dibandingkan dengan orang tua dari tingkat pendidikan SD, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai mean difference sebesar 32.700 dan p <.001. Orang tua dari tingkat pendidikan SMA, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai mean difference sebesar 11.895 dan p <.001. Orang tua dari tingkat pendidikan SMP, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai mean difference sebesar 19.810 dan p <.001. Orang Tua yang berasal dari tingkat pendidikan SD akan memiliki keterlibatan yang lebih rendah dengan nilai mean difference sebesar -12.890 dan p <.001. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Keterlibatan Orang Tua. ABSTRACT Parental involvement in children's learning in terms of parents' educational level By: Uswatun Khasanah Parents have involvement that includes a variety of child behavior. In the world of education, parents invest by sending their children to school. Parents have involvement in the child's learning process. There are several factors that affect parental involvement, one of which is the level of education. This study aims to analyze differences in parental involvement in children's learning based on educational level (case study on parents of elementary school students). The population is the parents of students in grades 1-6 of SDN 1 Labuhan Ratu, totaling 95 people with a sampling technique using total sampling. The scale used is the parental involvement scale (α = 0.955). The analysis technique used is the One Way Anova Technique with the help of JASP for windows software. The results of the analysis of the data obtained from this study are the significant F statistic value p <0.001 and show the result of an effect size of 0.705. This shows that there are differences in parental involvement in terms of parental education level. The results of the test are parents who come from the tertiary education level will have greater involvement than parents from the elementary school level. This is indicated by the mean difference. of 32,700 and p <.001. Parents of high school education level, this is indicated by the mean difference value of 11,895 and p <.001. Parents of junior high school education level, this is indicated by the mean difference of 19,810 and p <.001. Parents who come from elementary school level will have lower involvement with a mean difference of -12,890 and p <.001. Keywords: Education Level, Parental Involvement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:06
Last Modified: 08 Aug 2023 02:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29404

Actions (login required)

View Item View Item