PENERAPAN KITAB TASHILUL QIROAH LIL BIDAYAH DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN DI PONPES AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Faisal, Mahmud Adz Dzakry (2023) PENERAPAN KITAB TASHILUL QIROAH LIL BIDAYAH DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN DI PONPES AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FAISAL FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN KITAB TASHILUL QIROAH LIL BIDAYAH DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN DI PONPES AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG Oleh : Faisal Mahmud Adz Dzakry Al-Qur’an dapat dipelajari dari seorang guru ataupun ustadz dalam sebuah proses pembelajaran, dimana dalam proses pembelajaran terdapat dua unsur yang proses belajar dan mengajar dalam belajar dan mengajar tersirat adanya satu kesatuan kegiatan yang tak terpisah antara santri yang belajar dan guru yang mengajar antara kedua kegiatan ini terjadi Interaksi yang saling menunjang. Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses, mengingat materi yang dihafal harus sempurna karena ilmu tersebut dipelajari untuk dihafalkan bukan untuk dipahami. Pembelajaran hakikat perencanaan (desain) sebagai upaya untuk membelajarkan santri. Itulah sebabnya santri tidak hanya berinteraksi dengan keseluruhan sumber belajar yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengenai penerapan kitab Tasilul Qiroahlil Bidayah dalam pembelajaran Tahsin di Ponpes Al Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi, penelitian dilakukan di Ponpes Al Hikmah Bandar Lampung, dengan sumber data dari santri putra\i Ponpes Al Hikmah Bandar Lampung, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cara mereduksi data yang kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif, Pembelajaran Tahsin yang didampingi dengan diterakkan kitab tashilul Qiroah Lil bidayah dilakukan melalui bimbingan secara intens oleh para mentor dapat meningkatkan pemahaman tajwid dan Tahsin para santri. Santri terbiasa berlatih membaca Al-Quran dengan bimbingan mentor, serta melakukan latihan-latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemahiran mereka dalam membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar sehingga bisa membaca Al Qur`an dengan fasih dan tartil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:35
Last Modified: 07 Aug 2023 09:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29401

Actions (login required)

View Item View Item