PENGARUH PENDEKATAN DIMENSI BELAJAR TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN TERHADAP SIKAP DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Kurniati, Jumi (2017) PENGARUH PENDEKATAN DIMENSI BELAJAR TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN TERHADAP SIKAP DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa, untuk menciptakan iklim pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan dimensi belajar terintegrasi nilai Keislaman terhadap sikap dan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran Biologi Kelas XI di MA Al-Hikmah Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sehingga didapat kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan dimensi belajar terintegrasi nilai Keislaman, dan kelas XI.3 sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan student center. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas angket sikap, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji Liliefors untuk uji normalitas, uji Fisher untuk uji homogenitas dan uji t-independent. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai akhir sikap pada kelas eksperimen 80,03 dan kelas kontrol 74,07 dengan indikator tertinggi mempelajari dan indikator terendah mendiskusikan. Untuk uji t independent diperoleh tHitung 2,746 > tTabel 2,004. Karena tHitung > tTabel, maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian untuk penguasaan konsep hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 78,33 dan kelas kontrol 70,33 dengan indikator tertinggi mendeskripsikan sedangkan indikator terendah membedakan. Uji t independent diperoleh tHitung 3,575 > tTabel 2,004. Karena tHitung > tTabel, maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Dari rata-rata nilai ahir menunjukkan bahwa pendekatan dimensi belajar menghasilkan sikap dan penguasaan konsep siswa lebih baik dibandingkan dengan pendekatan student center

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:28
Last Modified: 07 Mar 2017 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item