PERAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MENCIPTAKAN INTEGRASI SOSIAL PEMUDA LINTAS AGAMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

SUCI, RAHMAYANTI (2023) PERAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MENCIPTAKAN INTEGRASI SOSIAL PEMUDA LINTAS AGAMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SUCI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat Kota Bandar Lampung merupakan masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam agama. Penganut agama yang ada di Kota Bandar Lampung diantaranya adalah Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, Kong Hu Chu. Perbedaan agama apabila tidak terpelihara dengan baik bisa menimbulkan konflik antar umat beragama yang bertentangan dengan nilai dasar agama itu sendiri yang mengajarkan kepada kita kedamaian, hidup saling menghormati, dan saling tolong menolong. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) merupakan forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan. FKUB memiliki peranan penting dalam menjaga keutuhan agar tercipta integrasi sosial dalam masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran FKUB dalam membentuk integrasi sosial pemuda lintas agama di Kota Bandar Lampung dan apa saja yang menjadi faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, artinya menjelaskan kondisi masyarakat berdasarkan data yang bersifat apa adanya dilapangan. Sumber data primer dalam penelitian primer adalah hasil dari wawancara dengan informan yang ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan menetapkan delapan informan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Adapun sumber data sekunder berasal dari artikel yang memiliki relevansi dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi partisipan, wawancara langsung dan didukung dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FKUB memiliki peranan penting dalam menciptakan integrasi sosial pemuda lintas agama di Kota Bandar Lampung. FKUB menjadi ruang sosial tempat pemuda lintas agama bertemu, berinteraksi, dan tukar pikiran melalui program�programnya seperti roadshow ke sekolah atau universitas, sosialisasi moderasi beragama, perkemahan pemuda lintas agama dan festival musik. Selain itu FKUB juga memiliki peranan dalam penanaman nilai-nilai toleransi kepada pemuda lintas agama di Kota Bandar Lampung melalui agenda-agenda tersebut. Adapun faktor pendukung dari upaya FKUB dalam menciptakan integrasi sosial dikalangan pemuda lintas agama adalah keterbukaan dan kesadaran dari pemuda lintas agama, dukungan pendanaan, serta kesolidan dari pihak pengurus FKUB kota Bandar Lampung. Sedangkan faktor. penghambatnya seperti benturan waktu kegiatan yang dilakukan FKUB dengan kegiatan pemuda lintas agama sehingga peserta yang hadir di kegiatan FKUB terkadang tidak maksimal. Kata Kunci: FKUB, Pemuda Lintas Agama, Integrasi Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:20
Last Modified: 07 Aug 2023 08:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29399

Actions (login required)

View Item View Item