IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF BSNP DI MADRASAH IBTIDAIYAH ( MI ) MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG

Gilang, Pratama Mu’min (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF BSNP DI MADRASAH IBTIDAIYAH ( MI ) MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI GILANG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran merupakan system atau proses yang direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar dapat menginisiasi, memfasilitasi, dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik serta tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan tentang Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Dalam Perspektif BSNP di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung, dengan tujuan penelitianya itu untuk mengetahui bagaimana Proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi / penilaian hasil belajar dan pengwasan pembelajaran di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tulisan/lisan dari orang-orang dan prilaku yang bisa diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Perencanaan pembelajaran yang ada di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik, hal ini dikarenakan perencanaan pembelajaran berupa RPP, Silabus dan perangkat perencanaan pembelajaran yang lainnya sudah tersedia. Adapun yang belum terlaksana masih terdapat tenaga pendidik yang belum menggunakan alat peraga dan media pembelajaran.Dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup tenaga pendidik melaksanakannya dengan baik, hal ini di lihat dari hasil wawancara dengan peserta didik dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti meyebutkan bahwa pada saat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan pentutup sudah sesuai dengan langkah�langkah yang terdapat di RPP yang sudah dipersiapkan sehingga pada saat proses pembelajran berlangsung menjadi efektif dan efisien. Sedangkan untuk evaluasi/penilaian hasil pembelajaran juga sudah iv terlaksana dengan baik dan pengawasan pembelajaran sudah berjalan dengan baik kepala sekolah selaku pengawas sudah terlaksana dengan efektif dalam pengawasan proses pembelajaran guru mengajar peserta didik. Kata Kunci : Manajemen Mutu Pembelajaran, Perencanaan,Pelaksanaan,Penilaial,Pengawasan v ABSTRACK Learning is a system or process that is planned, implemented and evaluated systematically in order to initiate, facilitate, and increase the intensity and quality of learning in students and achieve learning objectives effectively and efficiently. This research is about the Implementation of Learning Quality Management in the BSNP Perspective at MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung, with the aim of the research to find out how the process of planning lessons, implementing learning, evaluation / assessment of learning outcomes and monitoring of learning at MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. This research uses a descriptive method with a qualitative approach, namely research that describes, tells and interprets existing data and produces descriptive data in the form of written/oral words from people and observable behavior and the data is a statement. Data analysis techniques used data reduction, data exposure and conclusion. Checking the validity of the data used Technical Triangulation and Source Triangulation. The results showed that the learning planning process at MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung had been carried out well, this was because the lesson plans in the form of lesson plans, syllabus and other learning planning tools were available. As for those that have not been implemented, there are still educators who have not used teaching aids and learning media. In the Learning Implementation Process in the preliminary activities, core activities, and closing the teaching staff carry them out well, this can be seen from the results of interviews with students and the results of observations carried out by the researcher stated that during the preliminary activities, the core and closing activities were in accordance with the steps contained in the lesson plan that had been prepared so that when the learning process took place it became effective and efficient. Meanwhile, the evaluation/assessment of learning outcomes has also been carried out well and the monitoring of learning has gone well, the school principal vi as the supervisor has been carried out effectively in supervising the learning process of teachers teaching students. Keywords: Learning Quality Management, Planning, Implementation, Assessment, Supervision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:07
Last Modified: 07 Aug 2023 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29394

Actions (login required)

View Item View Item