LAYANAN INFORMASI TENTANG KARIR UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN PESERTA DIDIK KELAS XII DALAM PEMILIHAN KARIR DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

SAHELGA, ULVI (2023) LAYANAN INFORMASI TENTANG KARIR UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN PESERTA DIDIK KELAS XII DALAM PEMILIHAN KARIR DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAHELGA ULVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

BSTRAK Skripsi ini membahas tentang peranan komunikasi interpersonal pustakawan dalam layanan sirkulasi studi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana peranan komunikasi interpersonal pustakawan dalam layanan sirkulasi, bagaimana layanan sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan komunikasi interpersonal pustakawan dalam layanan sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, untuk mengetahui layanan sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenisnya deskriptif, yaitu memberikan gambaran atau informasi tentang masalah yang diteliti, selanjutnya teknik pengumpulan data diantaranya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal memiliki peranan dalam memberikan pelayanan di perpustakaan yaitu Openness (keterbukaan), Empathy (empati), Supportiveness (mendukung), Positiveness (rasa positif), dan Equality (kesetaraan). Peneliti melakukan wawancara kepada 5 orang pustakawan dan 5 pemustaka. Dan menggunakan wawancara terstruktur. Hasil menunjukkan bahwa pustakawan sudah menerapkan keterampilan komunikasi lainnya seperti sikap keterbukaan, sikap empati, sikap dukungan, sikap rasa positif dan sikap kesetaraan. Namun di sisi lain pemustaka memiliki pendapat yang berbeda, mereka berpendapat bahwa keterampilan tersebut belum sepenuhnya diterapkan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa proses layanan sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung yang diberikan oleh pustakawan cukup baik dan pemustaka merasa cukup puas. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Pustakawan, Layanan Sirkulasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Divisions: Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:47
Last Modified: 07 Aug 2023 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29388

Actions (login required)

View Item View Item