KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH BERWAWASAN LINGKUNGAN (ADIWIYATA) DI MIN 2 LAMPUNG BARAT

FAKHRI, NURUL FADILAH (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH BERWAWASAN LINGKUNGAN (ADIWIYATA) DI MIN 2 LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FAHRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah Ibtida’iyah Negeri 2 Lampung Barat memdapatkan penghargaan adiwiyata dari pemerintah kabupaten dan provinsi pada tahun 2021 serta pemerintah pusat pada tahun 2022, tentunya hal ini didalamnya terdapat pengelolaan oleh seorang kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Berwawasan Lingkungan (Adiwiyata) di MIN 2 Lampung Barat yang berkaitan tentang : 1) Perencanaan madrasah dalam mewujudkan madrasah berwawasan lingkungan, 2) Pengorganisasian kepala madrasah, 3) Pengelolaan dan pengembangan kepala madrasah, 4) Monitoring atau evaluasi kepala madrsah. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data seperti wawancara, dokumentasi dan observasi. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari kepala madrasah, ketua adiwiyata, guru dan komite sekolah MIN 2 Lampung Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan obsevasi, uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya: perencanaan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah berwawasan lingkungan (adiwiyata) di MIN 2 Lampung Barat dilakukan pada awal ajaran baru. Perencanaan pelaksanaan adiwiyata dilakukan melalui rapat koordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam adiwiyata, yang terlibat dalam merencanakan adiwiyata adalah kepala madrasah, ketua adiwiyata, tim adiwiyata, guru-guru dan komite sekolah. Dalam pengorganisasian kepala madrasah dalam melakukan organisasi madrasah berwawasan lingkungan (adiwiyata) yaitu: membentuk tim adiwiyata, membagi tugas kepada tim-tim yang telah dibentuk, dan mengalokasikan sumberdaya yang ada dalam madrasah. Pengelolaan dan pengembangan madrasah berwawasan lingkungan (adiwiyata) di MIN 2 Lampung Barat bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif yang nantinya akan menunjang proses belajar mengajar. Selanjutnya monitoring atau evaluasi kepala madrasah dilaksanakan agar proses adiwiyata dilakukan secara terus menerus dan berkala yang kemudian akan menciptakan lingkungan yang kondusif secara berkelanjutan. Kata Kunci: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengelolaan, Evaluasi, Adiwiyata. iv ABTRACT The educational environtment is a very important in teaching and learning procces, a green educational environment will certainly have a positive impact on madrasah members. This study aims to describe the leadership of the madrasah head in creating an environmentally sound madrasah (adiwata) at MIN 2 West Lampung which relates to : 1) madrasa principal planning in realizing environmentally sound madrasa. 2) madrasa principal organization. 3) management and development of madrasa principals. 4) monitoring and evaluation of madrasa principals. The method in this study was use a descriptive approach, data collection techniques such as interviews, documentation and observation.with data analysis techniques was use data reduction, data presentation and drawing conclusions. The informants in this study were obtained directly from principal madrasa, the head of adiwiyata, teachers and committe MIN 2 West Lampung. Data collection techniques in this study was use interviews, documentation and observation. Test the validity of the data was use data triangulation and technical triangulation. The results of the research show that : planning in realizing an environmentally sound madrasah (adiwiyata) in MIN 2 West Lampung was carried out at the beginning of a new school. Adiwiyata implementation planning is carried out through coordination meetings with parties involved in adiwiyata, those involved in planning adiwiyata are the principal of madrasah, the head of adiwiyata, the adiwiyata team, teachers and madrasah committe. In organizing the principal in carrying out an environmentally sound madrasah organization (adiwiyata) namely : forming the adiwiyata team, dividing tasks to the teams that have been formed and allocating exisiting resources within the madrasah. The management and development of environmentally sound madrasah (adiwiyata) in MIN 2 West Lampung aims to create a conducive environment that will later support the teaching and learning process. Then monitoring or evaluation of the principal madrasah is carried out so that the adiwiyata process is carried out continously and periodically which will then create a conducive environment in a sustainable manner. Keywords : planning, organizing, managing/development, evaluating, adiwiyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:40
Last Modified: 07 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29386

Actions (login required)

View Item View Item