UPAYA PENANAMAN KARAKTER ANTI BULLYING PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

FIFIN, VEONALITA (2023) UPAYA PENANAMAN KARAKTER ANTI BULLYING PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK FIFIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bullying merupakan tindak kekerasan ataupun pelecehan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja oleh seseorang ataupun kelompok orang yang memiliki kekuasaan atau kekuatan untuk melakukan kekerasan terhadap pihak lain. Bentuk perilaku bullying diantaranya bullying fisik, verbal, dan bullying mental/psikologis. Bullying dapat terjadi dimana saja khususnya di lingkungan sekolah, terbentuknya perilaku bullying sendiri karena adanya penindasan dan pemaksaan terhadap korban sehingga korban merasa takut dan teraniaya. Sehingga siswa sulit untuk mencapai aktualisasi dirinya. Maka lingkungan sekolah yang kondusif dapat menciptakan proses belajar mengajar yang efektif bagi siswa. Adapun penanaman karakter merupakan suatu metode untuk mencegah dan memberantas bullying. Penanaman karakter merupakan kunci utama dalam perkembangan anak khususnya pada aspek kecerdasan emosional. Pendidikan karakter pun menjadi satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang dimana terdapat pada Undang-Undang No. 20 tahun 2003 yang terdapat pasal 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran konselor dalam melakukan penerapan upaya penanaman karakter anti bullying pada siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik snowball sampling. Sumber data yang dapat diambil melalui subjek konselor, siswa kelas X jurusan TKJ, dan Kepala SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upaya penanaman karakter anti bullying yang dilakukan oleh konselor kepada siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 1 Bandar Lampung yaitu konselor memberikan layanan informasi terkait pentingnya penanaman karakter, dampak negatif perilaku bullying baik terhadap pelaku maupun korban, serta memberikan contoh permasalahan yang pernah terjadi di SMK Negeri 1 Bandar Lampung di tahun-tahun sebelumnya. Dampak dari peran konselor tersebut, siswa jurusan TKJ SMK Negeri 1 Bandar Lampung, yang dikenal sebagai siswa nakal, sering terjadi perkelahian, kini suasana kelas menjadi lebih kondusif, siswa tidak lagi melakukan perkelahian dengan temannya, siswa tidak lagi iii mengucilkan temannya, siswa kini menjadi lebih sopan terhadap gurunya, karakter siswa dapat terbentuk sesuai visi dan misi sekolah, siswa tidak mengulangi lagi perbuatan buruk yang dilakukannya. Kata Kunci: Penanaman karakter, Perilaku bullying. iv ABSTRACT Bullying is an act of violence or harassment that is carried out intentionally or unintentionally by a person or group of people who have the power or power to commit violence against other parties. Forms of bullying behavior include physical, verbal, and mental/psychological bullying. Bullying can occur anywhere, especially in the school environment, the formation of bullying behavior itself is due to oppression and coercion against victims so that victims feel afraid and mistreated. So that students are difficult to achieve self-actualization. So a conducive school environment can create an effective teaching and learning process for students. Meanwhile, character cultivation is a method to prevent and eradicate bullying. Cultivating character is the main key in child development, especially in the aspect of emotional intelligence. Character education has also become a national goal of the Indonesian nation which is contained in Law no. 20 of 2003 which contains article 3. The purpose of this study was to determine the role of counselors in implementing efforts to instill anti-bullying characters in class X students majoring in TKJ SMK Negeri 1 Bandar Lampung. The methods used to achieve the research objectives, researchers used descriptive qualitative research methods with snowball sampling technique. Sources of data that can be retrieved through the subject of counselors, class X students majoring in TKJ, and the Principal of SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis by reducing irrelevant data, presenting data and drawing conclusions. The results of the study showed that the efforts to instill anti�bullying characters were carried out by counselors to class X students majoring in TKJ SMK Negeri 1 Bandar Lampung, namely counselors providing information services related to the importance of character building, the negative impact of bullying behavior on both perpetrators and victims, as well as providing examples of problems that ever happened at SMK Negeri 1 Bandar Lampung in previous years. The impact of the counselor's role, students majoring in TKJ SMK Negeri 1 Bandar Lampung, who are known as naughty students, often fight, now the class atmosphere is more conducive, students no longer fight with their friends, students no longer isolate their friends, students are now more polite to the teacher, student character can be v formed according to the school's vision and mission, students do not repeat the bad deeds they have done. Keywords: Character building, bullying behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:32
Last Modified: 07 Aug 2023 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29383

Actions (login required)

View Item View Item